Keuangan

Begini Cara Menyiasati Transaksi PayPal Berbayar, Nomor 5 Paling Manjur!

Jakarta – Layanan keuangan online, PayPal sudah lazim digunakan banyak orang untuk beragam transaksi pembayaran lintas negara. Meski penggunaan PayPal dikenai biaya transaksi 4,4% dari jumlah total tiap pembayaran, namun jumlah penggunanya kian melonjak.

Sebetulnya, ada cara lain menyiasati transaksi PayPal berbayar. Namun, sekali lagi untuk menghindari secara penuh memang tidak bisa lantaran biaya tersebut dipergunakan untuk operasional PayPal serta keuntungan yang bisa diambil oleh perusahaan.

Baca juga: Freelancer Wajib Tahu! Ini Perhitungan Biaya Transaksi PayPal

Di bawah ini, cara untuk menyiasati transaksi Paypal berbayar.

  1. Anda gunakanlah akun personal dan bukan akun bisnis. Hal ini lantaran akun personal lebih sedikit terkena biaya pemotongan ketimbang biaya akun bisnis. Meskipun pada hal-hal tertentu, PayPal akun bisnis lebih hemat dan PayPal akun bisnis mempunyai fitur yang jauh lebih kaya daripada akun PayPal personal.
  2. Mintalah orang yang akan mengirimkan dana kepada Anda untuk mengirimkan sebagai teman atau keluarga, karena dengan pilihan tersebut Anda tidak akan dikenakan biaya potongan sedikitpun dari PayPal.
  3. Selalu hitunglah biaya pemotongan PayPal sebelum Anda meminta bayaran dari jasa Anda, dan ikut sertakan biaya pemotongan Paypal pada invoice Anda. Misalnya, jasa Anda adalah $50 maka ketika membuat invoice naikkan biaya menjadi $51,75.
  4. Usahakan untuk menarik dana PayPal ke bank lokal Anda dengan saldo sudah diatas $115 untuk menghindari pemotongan transaksi sebesar Rp16.000 setiap penarikan uang. Biasanya dana akan sampai ke rekening bank Anda adalah satu sampai empat hari (ketika hari kerja).
  5. Hindari pembayaran regular. Pasalnya, bila Anda adalah pemilik bisnis atau pekerja lepas yang memiliki klien di luar negeri, kemungkinan Anda menggunakan PayPal untuk menerima pembayaran barang dan jasa Anda.

Baca juga: ASEAN Perkuat Konektivitas Pembayaran Regional dan Transaksi Mata Uang Lokal

Bagian yang membuat frustrasi dari proses ini adalah PayPal membebankan tarif tetap untuk setiap pembayaran. Apakah Anda memperoleh $100 dalam pembayaran atau $1000, PayPal memiliki biaya tetap yang mereka potong dari pembayaran Anda.

Untuk menghindari hal ini, Anda dapat memilih untuk dapat menerima pembayaran lebih jarang. Jadi, bila Anda menerima pembayaran tiap pekan atau tiap dua pekan, Anda bisa meminta klien Anda untuk membayar Anda pada akhir bulan atau pada akhir dua bulan jika memungkinkan. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

50 mins ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

2 hours ago

BEI Bakal Luncurkan Implementasi Intraday Short Selling di Kuartal I 2025

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan rencananya untuk melakukan implementasi Intraday Short Selling… Read More

3 hours ago

Perluas Layanan, Bank INA Buka Kantor Cabang Baru di Sunter

Jakarta – Bank INA resmi membuka Kantor Cabang Pembantu (KCP) Sunter, yang beralamat di Ruko… Read More

4 hours ago

Heboh Isu Uang Rp10 Ribu Emisi 2005 Tak Berlaku Lagi, Begini Penjelasan BI

Jakarta – Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim merespons terkait kabar uang Rp10.000 tahun… Read More

4 hours ago

Aset Asuransi Syariah Rp45,75 Triliun, OJK Terus Dorong Upaya Spin Off UUS

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kontribusi premi dari asuransi syariah meningkat 2,90 persen… Read More

5 hours ago