Begini Cara Jalin Antisipasi Lonjakan Transaksi Selama Lebaran

Begini Cara Jalin Antisipasi Lonjakan Transaksi Selama Lebaran

Jakarta – Antisipasi lonjakan transaksi selama Ramadan dan Idulfitri 1444 H, PT Jalin Pembayaran Nusantara atau Jalin menghadirkan Posko RAFI 24/7 mulai 15 April hingga 1 Mei 2023.

Direktur Utama Jalin Ario Tejo Bayu Aji menjelaskan Posko RAFI 24/7 merupakan sistem dan layanan transaksi keuangan bagi nasabah yang berasal dari 39 member bank dan nonbank yang tergabung dalam jaringan LINK selama periode mudik Lebaran.

“Kami bersiaga mempersiapkan sistem infrastruktur pengelolaan jaringan LINK di berbagai channel pembayaran seperti ATM, debit, digital banking maupun QRIS dengan menjaga performansi operasional yang sesuai dengan Service Level Agreement (SLA) yang disepakati,” ujar Ario dalam keterangan resminya dikutip, Sabtu, 8 April 2023.

Antisipasinya tak sekadar lonjakan transaksi, kata Ario, Jalin juga melakukan berbagai persiapan managed service ATM untuk menjaga kelancaran dan kenyaman transaksi melalui mesin ATM saat mudik Lebaran.

Langkah preventive yang dilakukan adalah me-maintenance di ATM jalur mudik. Selain itu, memastikan kecukupan coverage teknisi, serta memaksimalkan platform JSEECA (Jalin Site & Endpoint Controller Apps) untuk menjaga performansi managed service ATM kelolaan Jalin dan member secara real time.

“Ini merupakan upaya kami dalam memastikan operational excellence yang menyeluruh demi mendukung kelancaran dan keamanan transaksi nasabah di tengah kebahagiaan perayaan Idulfitri,” tambah Ario. 

Jalin memproyeksikan akan terjadi lonjakan volume transaksi pada jaringan LINK melalui kanal ATM, debit, mobile banking dan QRIS. Totalnya bisa mencapai 105 juta transaksi di periode 14 hari menjelang dan usai Lebaran. Angka ini juga tumbuh 7% dibandingkan volume transaksi di Maret 2023.

Sementara, volume transaksi melalui kanal QRIS selama RAFI 2023 diproyeksi mengalami kenaikan pertumbuhan paling signifikan hingga lebih dari 700 persen (YoY) atau mencapai 43 juta transaksi. 

Seperti diketahui, tahun ini Bank Indonesia kembali menyiapkan uang tunai senilai Rp195 triliun atau meningkat 8,22 persen dari tahun sebelumnya demi mendukung kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri.

Puncak kenaikan transaksi diperkirakan terjadi sebelum cuti bersama 19 April 2023 diakibatkan mobilisasi masyarakat yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan sebelum mudik dan Lebaran, menyiapkan Tunjangan Hari Raya (THR), maupun menunaikan kewajiban zakat bagi umat muslim.(*)

Related Posts

News Update

Top News