Nasional

Begini Cara Daftar dan Syarat Mudik Gratis 2024 Kemenhub, Perusahaan BUMN hingga Swasta

Jakarta – Setiap tahunnya, pemerintah maupun swasta rutin menggelar mudik gratis untuk membantu masyarakat untuk pulang kampung dan merayakan Lebaran di kampung halaman mereka. Di tahun ini, sejumlah instansi pemerintah dan swasta pun sudah mengumumkan akan mengadakan mudik gratis 2024. Lalu, instansi mana saja yang mengadakan mudik gratis?

Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memang setiap tahun mengadakan even mudik gratis buat masyarakat yang ingin mudik.

Untuk jalur darat, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat menggelar program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk”. Pendaftaran program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dapat dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat yang direncanakan pada 5 Maret – 3 April 2024.

Baca juga: BRI Optimistis Bisnis Remitansi Tumbuh 25 Persen Selama Ramadan dan Lebaran 2024

Pada arus mudik dan balik tersedia 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor. Keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 5 – 7 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakuan pada 14 dan 15 April 2024.

Kemudian, untuk jalur laut, Ditjen Perhubungan Laut mengadakan program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut”, dengan kuota untuk 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor, yang dijadwalkan pada 3-17 April 2024. Syarat dan keterntuannya bisa dilihat pada https://mudikgratis.dephub.go.id/

Perusahaan Listrik Negara (PLN)

Informasi Mudik Gratis PLN 2024 belum resmi dirilis. Namun berkaca dari tahun lalu, ada beberapa berkas yang sebaiknya dipersiapkan antara lain Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, Kartu Keluarga (KK) Bukti vaksinasi COVID-19 booster, surat keterangan sehat dari puskesmas atau dokter, mengisi formulir pendaftaran online, membawa bukti pendaftaran saat keberangkatan dan beberapa syarat lainnya.

Program Mudik Gratis PLN 2024 menawarkan perjalanan dari Jakarta ke berbagai daerah di Pulau Jawa dan Sumatera. Antara lain ke rute Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Sumatra Selatan. Keterangan lebih lanjut di https://web.pln.co.id/.

Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan, BRI akan terus mendukung upaya pemerintah dalam memberikan fasilitas mudik yang aman bagi masyarakat. BRI sebagai BUMN senantiasa berupaya memberikan social value disamping economic value, turut mengakomodasi masyarakat, khususnya nasabah BRI untuk ikut dalam program Mudik Asyik bersama BUMN 2024. Selengkapnya bisa diakses melalui https://bri.co.id/.

BACA JUGA : Kemenhub Siapkan 30 Ribu Kuota Mudik Gratis, Catat Tanggalnya!

PT Indomarco Prismatama (Indomaret)

Melalui situs Indomaret.co.id, perusahaan retail ini mengusung program Mudik Bareng klik Indomaret 2024. Mudik bareng berlangsung di beberapa wilayah yang telah ditentukan, yaitu Jabodetabek, Bandar Lampung, Surabaya, Medan, Bali, dan Pontianak. Selengkapnya bisa menghubungi Indomaret terdekat atau link https://indomaret.co.id/.

PT Astra Honda Motor (AHAS)

Perusahaan yang bergerak dibidang otomotif ini menggelar Mudik Bareng Honda (MBH) dan Balik Bareng Honda (BBH).

Peserta mudik akan mendapatkan konsumsi, merchandise, hingga doorprize 2 sepeda motor honda. AHAS menyediakan 28 unit truk untuk mengangkut 1.100 motor dan 59 unit bus untuk mengantar 2.200 pemudik.

Sedangkan untuk keberangkatan BBH, Honda menyediakan 22 armada bus untuk 800 pemudik dan 10 truk untuk mengangkut 400 motor, di mana rute ini diperuntukan untuk pemudik yang balik ke Jakarta AHAS menyediakan rute perjalanan Jakarta – Jogja dan Jakarta – Semarang. Ada bisa mengakses informasi lebih mengenai mudik gratis ini di laman astrahonda.com. (*)

Enny Ratnawati

Recent Posts

Simak! Berikut Langkah Kunci Rekomendasi BPKP Terkait Penguatan Tata Kelola BUMN

Jakarta - Plt Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Muhammad Yusuf Ateh membeberkan sejumlah… Read More

1 hour ago

Rusia Serang Balik AS, Aset JP Morgan dan Mellon Dibekukan hingga Rp5,6 Triliun

Jakarta - Pengadilan Arbitrase Wilayah Moskow membekukan dana Bank New York Mellon AS (NYSE:BK) yang… Read More

2 hours ago

Walz vs Vance Memanas dalam Debat Cawapres AS, Singgung Konflik di Timur Tengah

Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Tim Walz mempertanyakan kapabilitas… Read More

2 hours ago

BUMN Business Forum 2024: Ini Dia 55 BUMN Terbaik Versi The Asian Post 2024

Jakarta - Sebanyak 55 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dianugerahi penghargaan "The Best State Owned… Read More

3 hours ago

Kominfo Luncurkan Sistem Kebencanaan, Notifikasi bakal Muncul di SMS hingga TV

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun sistem Early Warning System (EWS) dan Disaster Prevention… Read More

3 hours ago

Pemerintah Siapkan Aturan Perlindungan bagi Pengemudi Ojol

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berencana akan mengkaji aturan terkait pengemudi ojek online (ojol).… Read More

3 hours ago