News Update

BCA Syariah Incar Pembiayaan dan DPK Tumbuh 15%

Jakarta – PT Bank BCA Syariah meyakini penyaluran pembiayaan dan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) dapat tumbuh double digit hingga akhir tahun ini. Perseroan menargetkan pembiayaan dan DPK dapat tumbuh di kisaran 15 persen.

Presiden Direktur BCA Syariah John Kosasih mengatakan, target pertumbuhan pembiayaan dan DPK di akhir tahun ini akan tercapai asalkan kondisi perekonomian nasional mendukung. Meski begitu, hingga Semester I 2017 pembiayaan dan DPK BCA Syariah menunjukkan masih tumbuh positif.

“Sampai akhir tahun kami canangkan growth bisa 15 persen tapi perbankan tergantung kondisi dunia usaha. Kalau dunia usaha bagus optimis bisa tumbuh 15 persen mungkin bisa lebih,” ujarnya, di Jakarta, Rabu, 26 Juli 2017.

Dia mengungkapkan, perseroan akan fokus pada pembiayaan yang berkualitas atau produktif terutama di segmen komersial. Hingga Semester I tahun ini pembiayaan komersial perseroan mengalami pertumbuhan cukup signifikan yakni mencapai 30,17 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Menurutnya, pembiayaan komersial perseroan juga mengalami peningkatan porsi dari 67,07 persen dari total pembiayaan menjadi 72,01 persen atau sebesar Rp2,8 triliun. Di mana hingga pertengahan tahun ini total pembiayaan BCA Syariah mencapai sebesar Rp3,88 triliun atau tumbuh 21,09 persen (yoy).

Selain komersial, kata dia, mayoritas pembiayaan perseroan juga masuk ke segmen UMKM sebesar 23,10 persen dari total pembiayaan yakni mencapai Rp897,24 miliar atau meningkat 6,65 persen (yoy). Namun, porsi pembiayaan UMKM mengalami penurunan 3,13 persen dibanding Juni 2016 sebesar 26,22 persen.

Ke depan, lanjut dia, BCA Syariah akan lebih berhati-hati dalam menyalurkan pembiayaannya yang bertujuan agar rasio kredit bermasalah dapat terjaga di level yang sehat. Perseroan akan mengutamakan para nasabah yang memiliki track record baik dalam menyalurkan pembiayaannya.

Pembiayaan berkualitas artinya nasabah yang punya track record dan bukan penguasaha baru di bidangnya. Mereka harus kuasai industrinya dan punya capacity dan karakter yang baik serta bertanggung jawab. Sehingga menjadi pembiayaan yang berkualitas,” tutupnya. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Hana Bank: Transisi Pemerintahan Baru akan Mengguncang Ekonomi RI

Jakarta - Direktur Utama Hana Bank, Jong Jin Park mengungkapkan, transisi pemerintahan baru akan memberikan dampak besar… Read More

1 hour ago

Perkuat GCG, BTN Gandeng JAMDATUN Kejaksaan RI Dalam Penanganan Masalah Hukum

Direktur Utama BTN, Nixon L.P Napitupulu memberikan sambutan saat acara kerja sama antara BTN dengan… Read More

2 hours ago

Pembayaran Contactless Global Naik 80 Persen: Indonesia Harus Segera Beradaptasi

Bali - Mehdi Elhoussine, Managing Director Idemia mengungkapkan, volume pembayaran contactless (tap to pay) di… Read More

2 hours ago

Pluang Rilis Opsi Saham AS: Inovasi Investasi untuk RI

Jakarta - Pluang sebagai platform investasi dan perdagangan multi-aset, mengumumkan peluncuran perdagangan opsi saham Amerika… Read More

3 hours ago

Sritex Pailit, Kemnaker Minta Jangan Buru-buru PHK Karyawannya

Jakarta - Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Indah Anggoro… Read More

3 hours ago

Soal Rencana Prabowo Putihkan Utang Nelayan dan Petani, Begini Kata Bank Mandiri

Jakarta – Bank Mandiri sebagai salah satu bank pelat merah menyambut baik rencana Presiden Prabowo Subianto terkait pemutihan… Read More

4 hours ago