Perbankan

BCA Optimis Kredit di Kuartal II-2023 Tumbuh Positif, Ini Pendorongnya

Jakarta – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) optimis penyaluran kredit di kuartal II-2023 akan melanjutkan pertumbuhan positif. Tercatat pada kuartal I-2023, penyaluran kredit BCA mengalami pertumbuhan 12% secara yoy.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja melihat bahwa di kuartal II-2023 cukup menjanjikan karena terdapat sejumlah faktor pendorong pertumbuhan kredit. Faktor tersebut, yaitu pertama, sebelum Lebaran permintaan barang jasa meningkat. Menurutnya, banyak produsen yang menyediakan bahan pada saat jelang Lebaran, terlihat pada Maret hingga April, BCA sudah merasakan peningkatan kredit yang baik.

“Kami tahu biasanya sebelum Lebaran itu permintaan barang jasa meningkat. Di sisi lain, sebelum Lebaran orang mendapatkan THR jadi itu adalah ekstra amunisi yang bisa dibelanjakan dan juga ada liburan panjang sehingga banyak membelanjakan kebutuhan-kebutuhan ataupun berwisata,” jelas Jahja dalam konferensi pers paparan kinerja virtual kuartal I-2023, dikutip, Jumat, 28 April 2023.

Baca juga: Top Banget! Laba BCA Melonjak 43% jadi Rp11,5 T di Kuartal I-2023

Jahja menambhakan, menjelang libur hari raya Idulfitri banyak unused facility yang dipakai. Dengan perhitungan itu pihaknya meyakini setelah Lebaran perseroan akan mempertahankan dan meningkatkan penyaluran kredit.

Jahja juga menyampaikan beberapa sektor yang memiliki prospek positif dalam penyaluran kredit di antaranya dari perkebunan, serta telekomunikasi untuk membangun tower.

Apalagi, kata Jahja, Indonesia memiliki sekitar 100 ribu sampai 200 ribu tower di seluruh Indonesia, lebih sedikit dibandingkan dengan Cina.

“Kalau tower penyebarannya makin luas tentu kami harapkan komunikasi digital makin bisa lebih lancar dan bisa lebih terus ke pelosok,” katanya.

Kemudian sektor lain, yaitu sektor keuangan. Hal ini tercermin dari meningkatnya penyaluran KPR dan KKB menjelang lebaran. Jahja berharap faktor tersebut akan membuat pertumbuhan kredit bergerak naik. 

“Banyak lembaga keuangan lain memberikan itu dan kami juga memberi dukungan financing kepada lembaga jasa keuangan lainnya,” jelas Jahja.

Baca juga: Hingga Maret 2023, BRI Sudah Salurkan KUR Rp14,98 Triliun

Sebagai informasi, hingga kuartal I-2023, BCA berhasil membukukan laba bersih senilai Rp11,5 triliun, atau naik 43% yoy.  BCA mencatatkan pertumbuhan pendapatan bunga bersih (net interest income/NII) selama kuartal I-2023 sebesar 28,0% yoy menjadi Rp18,5 triliun.

Pendapatan selain bunga juga tumbuh 5,6% yoy menjadi Rp6,3 triliun, ditopang kenaikan pendapatan fee dan komisi sebesar 6,9% yoy. Secara total, pendapatan operasional tercatat sebesar Rp24,8 triliun atau naik 21,5% yoy. (*)

Editor: Galih Pratama

Irawati

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

6 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

7 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

14 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

15 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 day ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

1 day ago