Categories: News UpdatePerbankan

BCA Luncurkan Program Cash Management Academy

Jakarta– PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bersama dengan PT E- Science Indonesia (ESI) meluncurkan program Teaching Factory Cash Management Academy, yakni program yang memfasilitasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk dapat menghasilkan lulusan yang siap bekerja, khususnya di perusahaan pengelola kas dan ATM.

Hadir dalam acara peluncuran yakni Wakil Presiden Direktur BCA Armand W. Hartono, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhajir Effendy, Direktur Direktorat Pembinaan SMK M. Bakrun, pada Kamis (01/08). Turut hadir manajemen pengelola kas dan ATM mitra BCA serta perwakilan SMK dari Bogor, Kuningan, Purwakarta, dan Banjar Negara yang menjadi pilot project.

“Karena BCA bergerak di bidang solusi dan layanan perbankan, maka kami turut berpartisipasi dalam program Teaching Factory di bidang Cash Management. ,” urai Armand Hartono di Menara BCA Jakarta, Kamis 1 Agustus 2019.

Program Teaching Factory yang dijalankan BCA merupakan program yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menjembatani sekolah dengan dunia industri yang memiliki kesamaan bidang keterampilan.

Program tersebut melatih siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tidak hanya terampil dan kompeten, tapi juga memiliki sikap dan mental yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Program Teaching Factory BCA merupakan program Teaching Factory pertama yang berbasis pada industri perbankan. Dalam program ini, SMK akan mendapatkan fasilitas mesin penunjang, seperti ATM, cash recycling machine (CRM), dan mesin sortir uang. Kondisi kelas akan dibuat serupa dengan kondisi operasional pengelola kas dan ATM.

“Tujuannya agar siswa dapat mendapatkan pengetahuan secara spesifik terkait pengelolaan kas dan ATM sehingga mereka dapat siap terjun ke dunia kerja,” papar Armand.

Program yang dibangun akan menjadi kurikulum di dalam proses pembelajaran siswa, yakni kurikulum Cash Management Academy yang berjangka waktu tiga bulan. Peserta program tersebut juga memperoleh kesempatan untuk magang di perusahaan pengelola kas dan ATM mitra BCA selama enam bulan, sehingga siswa dapat merasakan kondisi kerja yang sesungguhnya terkait dengan pengelolaan uang tunai dan ATM.

Para siswa juga mendapatkan pengetahuan terkait financial planning dan materi kebangsaan yang akan berguna bagi kehidupan siswa di masa mendatang. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Hana Bank: Transisi Pemerintahan Baru akan Mengguncang Ekonomi RI

Jakarta - Direktur Utama Hana Bank, Jong Jin Park mengungkapkan, transisi pemerintahan baru akan memberikan dampak besar… Read More

3 hours ago

Perkuat GCG, BTN Gandeng JAMDATUN Kejaksaan RI Dalam Penanganan Masalah Hukum

Direktur Utama BTN, Nixon L.P Napitupulu memberikan sambutan saat acara kerja sama antara BTN dengan… Read More

4 hours ago

Pembayaran Contactless Global Naik 80 Persen: Indonesia Harus Segera Beradaptasi

Bali - Mehdi Elhoussine, Managing Director Idemia mengungkapkan, volume pembayaran contactless (tap to pay) di… Read More

4 hours ago

Pluang Rilis Opsi Saham AS: Inovasi Investasi untuk RI

Jakarta - Pluang sebagai platform investasi dan perdagangan multi-aset, mengumumkan peluncuran perdagangan opsi saham Amerika… Read More

5 hours ago

Sritex Pailit, Kemnaker Minta Jangan Buru-buru PHK Karyawannya

Jakarta - Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Indah Anggoro… Read More

5 hours ago

Soal Rencana Prabowo Putihkan Utang Nelayan dan Petani, Begini Kata Bank Mandiri

Jakarta – Bank Mandiri sebagai salah satu bank pelat merah menyambut baik rencana Presiden Prabowo Subianto terkait pemutihan… Read More

5 hours ago