BCA Himbau Nasabahnya Selalu Waspada Di Tengah Maraknya Cybercrime

BCA Himbau Nasabahnya Selalu Waspada Di Tengah Maraknya Cybercrime

BCA Himbau Nasabahnya Selalu Waspada Di Tengah Maraknya Cybercrime
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Kejahatan siber yang mengatasnamakan perusahaan perbankan semakin marak terjadi. Akhir-akhir ini muncul modus penipuan melalui telepon atau WhatsApp yang mengatasnamakan BCA. Bukan hanya itu, pelaku bahkan memasang iklan akun BCA palsu di berbagai kanal media sosial seperti Instagram dengan menawarkan program upgrade menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas serta menawarkan apply kartu kredit BCA atau ganti ke kartu chip dengan tujuan penipuan pada aplikasi BCA mobile atau kartu kredit.

Direktur BCA, Haryanti T. Budiman mengingatkan agar para nasabah selalu waspada apabila ada oknum mencurigakan yang meminta data pribadi.

“Kami mencermati bahwa belakangan ini cybercrime sering terdengar seiring semakin pesatnya perkembangan digital. Salah satu jenis cybercrime yang kerap terjadi adalah penipuan online seperti dengan munculnya iklan di media sosial dan meminta data pribadi Anda seperti nomor kartu kredit, PIN, OTP, dll. Hal ini patut diwaspadai oleh nasabah karena Bank tidak pernah meminta data pribadi Anda. Jangan pernah memberikan data pribadi Anda kepada siapapun,’’ tegas Haryanto.

Adapun hal yang bisa dilakukan jika menemukan kecurigaan indikasi penipuan atas nama BCA adalah sebagai berikut:

  1. Hubungi Halo BCA pada nomor 1500888 dan WhatsApp resmi BCA pada nomor 08111500998 dengan centang hijau.
  2. Cek kebenaran informasi melalui akun Instagram resmi BCA di @GoodlifeBCA.
  3. Kunjungi website resmi BCA di bca.co.id dan Website BCA Solitaire dan Prioritas di https://prioritas.bca.co.id/ serta aplikasi BYC Apps untuk mendapatkan informasi.
  4. Pahami bahwa keanggotaan BCA Solitaire dan Prioritas hanya bisa didapatkan melalui syarat dan ketentuan tertentu dan undangan dari pihak BCA secara langsung melalui surat resmi kepada nasab
  5. Hati-hati dengan link palsu! Jangan di klik, apalagi mengisi data-data pribadi. BCA tidak pernah meminta nasabah untuk mengisi data-data pribadi melalui sarana apapun termasuk link.
  6. Jaga selalu kerahasiaan data pribadi Anda seperti nomor kartu Debit atau kartu kredit, PIN, CVV/CVC, OTP dll.

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]