Keuangan

BBM dan Suku Bunga Naik, BCA Finance Pede Tahun Ini Tetap Tumbuh 20%

Jakarta – Anak usaha PT Bank Central Asial Tbk yang bergerak di sektor pembiayaan, BCA Finance tetap pede meski ada kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan suku bunga acuan. BCA Finance optimis bisa mencatatkan pertumbuhan dikisaran 20% hingga akhir 2022.

Direktur BCA Finance, Petrus S Karim mengatakan, industri multifinance sudah mengalami penurunan sejak pandemi, namun saat ini sudah mulai bangkit. Meski ada kenaikan harga BBM dan suku bunga acuan, demand pembiayaan otomotif masih tinggi. Demand masih terus naik, karena selama 2 tahun lebih pandemi, banyak yang menahan untuk membeli atau mengganti mobil.

“Jadi ini waktunya untuk ganti mobil. Semua masih bertanya-tanya, untuk cari mobil. Itu masalahnya sekarang, barangnya ready atau tidak. Pertumbuhan sih kita optimis bertumbuh. Kita masih bisa tumbuh sampai 20% sampai akhir tahun,” ujar Petrus kepada Infobank, di ICE BSD, Jumat, 9 September 2022.

Secara historikal, kenaikan harga BBM biasanya berdampak pada terkoreksinya kinerja industri multifinance, seperti yang terjadi di tahun 2005 dan 2015. Namun Petrus menyakini BCA Finance mampu menjaga momentum pertumbuhan kinerja meski ada kenaikan harga BBM dan suku bunga acuan. Optimalisasi sinergi dengan memanfaatkan ekosistem kuat yang dimiliki induknya, yakni BCA menjadi salah satu strategi.

“Biasanya BCA selalu anomali. Seperti sekarang saja, suku bunga mau naik, kita malah turun. BCA akan bank swasta paling besar di Indonesia, maka kita sudah harus menjadi agent of developement. Membantu menggerakkan perekonomian. Itulah tujuannya. Seperti BCA Expo ini, kita bukan sekadar hura-hura. Kita mempertemukan nasabah BCA yang produsen, dengan nasabah BCA yang konsumen. Dengan terjadi transaksi kita membantu menumbuhkan ekonomi. Otomotif dan properti ini kan bukan itu saja industrinya, banyak industri turunannya. Maka kalau bisa jualan, ekonomi jalan, bertumbuh,” terangnya.

Di BCA Expo Hybrid 2022, BCA bersama sejumlah anak usahanya menawarkan berbagai promo menarik bagi nasabah. Mulai dari DP ringan hingga suku bunga spesial untuk kredit KPR dan KKB.

Terkait outlook tahun 2023, Petrus juga optimis akan lebih baik, apalagi bila status pandemi ini turun menjadi endemi. Harapannya, suplai kendaraan bermotor pun sudah kembali normal. “Semua optimis untuk tahun depan. Beberapa principal perusahaan otomotif juga mengatakan harusnya tahun depan lebih baik. KKB BCA juga tentu bisa lebih baik. Kalau industri otomotif bergerak, kita juga ikut,” pungkasnya.

Sebagai informasi, mengacu pada data Biro Riset Infobank (birl), pada 2021, total aset BCA Finance terkontraksi tipis 1,83% menjadi Rp8,38 triliun. Salah satunya karena pembiayaan yang terkontraksi 1,94%, atau menjadi Rp6,86 triliun. Tapi dari sisi laba mengalami lonjakan sebesar 39,49%, atau menjadi Rp1,70 triliun.

Di paruh pertama 2022, kinerja BCA Finance terlihat mulai ekspansif. Asetnya tercatat tumbuh 2,9% year to date (ytd) menjadi Rp8,52 triliun, ketimbang Rp8,38 triliun di akhir 2021. Piutang pembiayaannya mencapai Rp7,35 triliun per Juni 2022. Adapun dari sisi laba bersih tumbuh 5,9% secara tahunan menjadi Rp853 miliar. (*) Ari Astriawan

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Kantongi Lisensi PFAK, Bitwewe Akan Perluas Layanan Dukung Ekosistem Kripto di RI

Jakarta – PT Sentra Bitwewe Indonesia (Bitwewe) resmi mengantongi lisensi Pedagang Fisik Aset Kripto (PFAK)… Read More

31 mins ago

Manggung di Jazz Gunung Burangrang, Vina ‘Si Burung Camar’ Sukses Hibur Penggemar

Jakarta – Vina ‘Si Burung Camar’ Panduwinata tampik apik dan sukses menghibur penggemar di panggung Jazz… Read More

39 mins ago

Ada Dul hingga Vina Panduwinata, Ribuan Jama’ah Al-Jazziyah Kumpul di Jazz Gunung Burangrang 2024

Jakarta – Perhelatan Jazz Gunung Burangrang: Sora-Sora Bergembira! yang digelar di Dusun Bambu, Bandung, Jawa Barat,… Read More

4 hours ago

Dilantik Besok, Segini Gaji dan Tunjangan Prabowo sebagai Presiden RI

Jakarta - Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan bakal dilantik pada… Read More

5 hours ago

Pelantikan Prabowo-Gibran: Bank DKI Sajikan 2 Panggung Hiburan, Ada Wali-Zumba Massal

Jakarta - Dalam rangka menyambut transisi kepemimpinan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Bank DKI… Read More

7 hours ago

Komitmen Jaga Keamanan Informasi, BNI Finance Raih Sertifikasi ISO 27001:2022

Jakarta – PT BNI Multifinance atau BNI finance (BNIF) mengumumkan pencapaian penting dalam upaya menjaga… Read More

12 hours ago