Moneter dan Fiskal

Bauran Kebijakan BI Diklaim Mampu Kendalikan Inflasi, Masa Iya?

Jakarta – Melalui program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Indonesia mampu mengendalikan inflasi ditengah berbagai gejolak. Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Juda Agung mengatakan, hal ini terwujud karena adanya sinergi dari BI dan Pemerintah dalam mengimplementasikan bauran kebijakan atau policy mix untuk mengendalikan inflasi.

“Kita bisa melakukan semacam policy mix atau bauran antara kebijakan moneter kebijakan pemerintah yang juga menyediakan berbagai upaya untuk mengendalikan inflasi dan juga tentu saja Pemerintah Daerah seluruh Indonesia,” ujar Juda, Rabu 31 Mei 2023.

Juda menjelaskan, dalam pengendalian inflasi, BI melakukan kebijakan moneter dengan kenaikan suku bunga acuan, kemudian didukung oleh Pemerintah dengan program GNPIP membuat inflasi di Tanah Air terkendali.

Sehingga, tambahnya, kenaikan suku bunga acuan tidak terlalu tinggi untuk mengendalikan inflasi, berbeda dengan Amerika Serikat (AS) yang sangat agresif menaikan tingkat suku bunganya untuk menurunkan inflasi.

“Sementara kita moneter juga dilakukan dengan kenaikan suku bunga dan kita lakukan secara bersama-sama dalam bentuk Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPI/TPID), sehingga suku bunga juga tidak naik terlalu tinggi di sini,” ungkap Juda.

Juda pun memproyeksikan inflasi di bulan Mei 2023 akan lebih rendah dibandingkan dengan bulan April 2023 yang berada di level 4,33% yoy.

“Inflasi 4,33% di bulan April yang lalu dan untuk di bulan Mei ini survei pemantauan harga di beberapa daerah menunjukkan Insyaallah inflasi di bulan Mei ini lebih rendah dari 4,33%,” kata Juda. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Irawati

Recent Posts

Investor Simak! IHSG Pekan Ini Bakal Dipengaruhi 3 Sentimen Berikut

Jakarta - Pada satu pekan terakhir, yakni periode 30 September - 4 Oktober 2024, Indeks… Read More

35 mins ago

Hijra Bank-Kemenparekraf Sepakat Salurkan Pembiayaan Syariah Berbasis HAKI Pertama di Indonesia

Jakarta - Hijra Bank bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sepakat untuk menyalurkan skema pembiayaan syariah… Read More

1 hour ago

Cadangan Devisa RI Turun Tipis jadi USD149,9 Miliar di September 2024

Jakarta – Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia menurun tipis. Pada akhir September 2024 cadangan… Read More

2 hours ago

Tanggapi Deflasi 5 Bulan Beruntun, Jokowi Bilang Begini

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya buka suara terkait penurunan deflasi lima bulan beruntun… Read More

3 hours ago

Akun Nasabah Bank of America Sempat Tak Bisa Diakses, Ditemukan 20.266 Layanan Akun Terhenti

Jakarta - Bank of America menyatakan bahwa masalah teknis yang membuat banyak konsumennya kesulitan mengakses… Read More

3 hours ago

Pertahanan 3 Lapis dalam Pengelolaan UMKM

Oleh Babay Parid Wazdi, Dirut Bank SUMUT dan Pemerhati UMKM DI ZAMAN sekarang ini, banyak… Read More

4 hours ago