Baru Setahun, Transaksi blu by BCA Digital Capai Rp36 Triliun

Baru Setahun, Transaksi blu by BCA Digital Capai Rp36 Triliun

Baru Setahun, Transaksi blu by BCA Digital Capai Rp36 Triliun
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta –  Sejak pertama kali diluncurkan pada 22 juli 2021, pengguna blu by BCA Digital sampai dengan 15 Juli 2022 telah mencapai 806 ribu orang dengan total transaksi mencapai Rp36 triliun, yang didorong dari pembelian dan pembayaran QRIS serta tagihan yang sebesar Rp161 miliar.

Dengan total pengguna blu by BCA Digital yang telah mencapai 806 ribu orang itu, Dana Pihak Ketiga (DPK) pun telah mencapai Rp4,4 triliun. Sedangkan penyaluran kredit lewat chanelling, joint financing, dan penyaluran langsung ke nasabah tercatat sebesar Rp1,75 triliun.

 

“Kami senang mengetahui bahwa blu mulai meraih kepercayaan publik sebagai sahabat finansial hanya dalam waktu satu tahun. Kepercayaan nasabah kepada kami terlihat dari Dana Pihak Ketiga (DPK) yang berhasil terhimpun lebih dari Rp4 triliun,” ujar Lanny Budiati, Direktur Utama BCA Digital, Jumat, 22 Juli 2022.

Lanny mengungkapkan, tidak hanya sekedar download, tetapi nasabah BCA Digital juga terlihat makin aktif menggunakan blu untuk bermacam transaksi keuangan. Hal ini tentu membuat BCA Digital berupaya untuk terus mengembangkan blu dengan mengakomodir kebutuhan para nasabah.

Saat ini, strategi BCA Digital terfokus pada meningkatkan kualitas nasabah dan membangun ekosistem digital lewat BaaS (Banking as a Service) mulai memperlihatkan hasil yang baik. Per Juli 2022, BCA Digital sudah berhasil mengintegrasikan blu dengan dua aplikasi digital partner, di antaranya Blibli dan Telkomsel Redi.

“Jika ekosistem digital berhasil dibangun lewat Banking as a Service, pihak bank akan bisa memberikan kemudahan bagi nasabah untuk bisa transaksi tanpa ke luar masuk aplikasi yang berbeda, memperluas akses financial service kami, dan akan membuat biaya akuisisi nasabah menjadi lebih efisien,” kata Ediwn Tirta, Head of Digital Business PT Bank Digital BCA.

Edwin menambahkan, ke depannya pengembangan fitur blu akan fokus untuk meningkatkan kualitas layanan yang mengakomodir kebutuhan nasabah. Misalnya, kartu ATM, baik fisik maupun virtual, lalu fitur top up flazz, dan fitur investasi yang akan bekerjasama dengan platform wealth management Moduit yang terus disempurnakan sehingga bisa segera digunakan dalam waktu dekat.

Disisi lain, BCA Digital tak hanya fokus pada pengembangan bisnis, tetapi juga aktif melakukan sejumlah aktifitas financial sustainibility yang diusung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 51 tentang Keuangan Berkelanjutan. Lewat kampanye #blubuatbaik yang dimulai pada 2021 lalu misalnya, blu by BCA Digital bersama Greeneration Foundation berhasil mengurangi emisi karbon sebanyak 338 ribu metrik kilogram CO2.

“Hasil yang kita bisa lihat dari mengedukasi 262 kepala keluarga adalah mereka bisa mengelola sampah dengan lebih baik. Hasilnya, dari 284 ton sampah yang dikelola dan dipilah, 202 ton di antaranya berhasil di daur ulang dan terhindar masuk menjadi timbunan di TPA. Kami berhasil menurunkan sampah residu hingga 11% dari 36,1% di tahun 2021 menjadi 26,1% di tahun ini,” ungkap Duardi Prihandiko, Head of Marketing & Communication PT Bank Digital BCA.

Selain itu, BCA Digital juga menyelenggarakan program edukasi keuangan untuk para nasabah. Menamainya dengan bluAcademy, program ini hadir dari melihat banyaknya permasalahan dalam manajemen keuangan yang dialami banyak orang. Duardi mengatakan, bluAcademy bertujuan untuk mengedukasi hal-hal mendasar dalam keuangan yang sangat relevan bagi kehidupan finansial setiap orang.

“Menggandeng Finansialku, kami membuat kurikulum yang didesain khusus agar mudah dipahami. Kami telah melakukan uji coba pelatihan ini kepada segenap karyawan BCA Digital, dengan harapan tiap karyawan menjadi saksi nyata serta individu inspirasional di masyarakat dengan kualitas kehidupan keuangan yang sehat,” tambah Duardi. (*) Irawati

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]