Ekonomi dan Bisnis

Banyak Raih Prestasi, Wapres Tekankan MES Tetap Berinovasi Sesuai Perkembagan Zaman

Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin menyampaikan apresiasi besar kepada Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) yang dipimpin oleh Erick Thohir sebagai ketua umumnya. 

Wapres menyebutkan, terdapat banyak prestasi yang dicapai MES di bawah kepemimpinan Erick Thohir yang digadang maju sebagai calon presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

“Saya mengapresiasi capaian MES di bawah kepengurusan Erick Thohir seperti berhasil meraih penghargaan ISO 9001.2015. Dan juga, mampu mencatatkan hasil audit dengan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian untuk Keuangan MES,” kata Wapres saat membuka Musyawarah Nasional VI Masyarakat Ekonomi Syariah, di Jakarta, Minggu (1/10).

Baca juga: Pembiayaan Syariah Sentuh Double Digit, Tapi Masih Dihantui Sejumlah Tantangan

Wapres mengatakan, atas segala pencapaian besar yang diraih MES saat ini harus bisa dijaga dan ditingkatkan agar meraih prestasi terbaik dengan menekankan inovasi dalam mengikuti perkembangan zaman. 

“Jaga dan tingkatkan terus prestasi terbaik MES. Mari terus berkarya dan berinovasi dengan niat kerja ikhlas, kerja tangkas dan kerja tuntas untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa dan negara,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Menteri Badan Umum Milik Negara (BUMN) Erik Thohir secara aklamasi kembali terpilih sebagai Ketua Umum MES periode 2020-2023. Adapun Sandi dipercaya menjabat sebagai posisi Wakil Ketua Dewan Penggerak MES. 

Ketua Umum MES Erick Thohir mengatakan, kehadiran MES akan terus memberikan kontribusi dalam mendorong dan melaksanakan program-program pemberdayaan ekonomi umat.

Selain itu, secara konsisten menjadi motor penggerak pengembangan usaha SARIAH, mendorong pengembang teknologi dan transformasi digital

Di industri syariah sendiri kata Erick, diharapkan bisa mendorong inklusi keuangan syariah yang lebih luas dan terus meningkatkan kapasitas SDM ekonomi dan keuangan syariah diantara melalui program-program pendidikan, pelatihan, sertifikasi, dan pemberian beasiswa dengan juga didorongnya peningkatan fokasi.

“Kami sadar bahwa MES tidak dapat berjalan sendiri untuk mencapai berbagai target yang telah diterapkan karena sinergi dengan berbagai pihak dan sektor harus tetap dijaga dan terus ditingkatkan,” bebernya.

Baca juga: MES: Ekosistem Ekonomi dan Keuangan Syariah Harus Digenjot

Untuk itu, pihaknya meminta restu kepada Wapres Ma’ruf Amin untuk terus membimbing dan memberi masukan untuk program-program MES yang sudah berjalan dan apa yang bisa  didorong lebih baik ke depannya.

“MES harus berperan aktif dalam melahirkan yang tidak ada menjadi ada. Yang kecil menjadi menengah, yang menengah menjadi besar. Itulah yang namanya ekonomi Pancasila, ekonomi keumatan yang kita harapkan ke depannya,” pungkasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Bikin Ngiler! Segini Uang Pensiun Jokowi Usai Lengser dari Jabatan Presiden

Jakarta - Pada 20 Oktober 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lengser dari jabatannya sebagai… Read More

6 mins ago

Bos BEI Harap Ada BUMN IPO di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan harapannya kepada pemerintah kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming… Read More

45 mins ago

Kadin Bentuk Asosiasi Keamanan Siber ADIKSI, Perkuat Ekosistem Digital di Indonesia

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meresmikan Asosiasi Digitalisasi dan Keamanan Siber Indonesia… Read More

1 hour ago

OJK Bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership, Perkuat Perasuransian di Asia

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan telah bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership (GAIP)… Read More

2 hours ago

IHSG Kembali Dibuka Naik 0,44 Persen ke Level 7.769

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB, Jumat, 18 Oktober 2024, Indeks… Read More

2 hours ago

KBank Perkuat Ekspansi Regional, Tegaskan Investasi pada Bank Maspion

Bangkok - Kasikorn Bank (KBank) semakin mengukuhkan posisinya di kawasan ASEAN dan sekitarnya dengan strategi… Read More

4 hours ago