Categories: Nasional

Bankir Bicara Setahun Pemerintahan Jokowi-JK

Jakarta–Tepat setahun masa pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) pada hari ini sangat menarik untuk dicermati. Tak terkecuali dari kacamata para bankir, yang merupakan para profesional di sektor keuangan.

Mulai dari terpaan pelambatan ekonomi nasional akibat berbagai faktor baik domestik dan eksternal, pelemahan Indeks Harga Saham Gabungan dan nilai tukar Rupiah yang cukup tajam, penyerapan anggaran yang lambat, gonjang-ganjing percepatan pembangunan infrastruktur, sampai berasapnya Pulau Sumatera dan Kalimantan akibat kebakaran hutan. Bagaimana tanggapan para bankir akan satu tahun masa pemerintahan Jokowi-JK? Berikut kutipan yang berhasil dikumpulkan infobanknews.com.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), Asmawi Syam:

“Jadi sebenarnya kita sangat mengapresiasi kebijakan Pemerintah Jokowi-JK, yang paling dirasakan di BRI adalah mengalihkan subsidi Pemerintah dari konsumsi ke produktif itu dengan subsidi KUR (bunga turun) dari 21% jadi 12% ini dampaknya sangat luar biasa terkait penyediaan tenaga kerja.

Hari ini selama 50 hari BRI sudah menyalurkan Rp4,5 triliun dengan 250 ribu orang penerima KUR. Dari 250 ribu itu asumsinya satu pengusaha KUR mempekerjakan 2 orang berarti KUR itu sudah menyediakan lapangan kerja itu kan berarti 250 ribu dikali 2, itu sampai 500 ribu, ini kan persoalan kita sekarang tenaga kerja jangan sampai terjadi PHK, dengan KUR ini menyediakan lapangan kerja baru di sektor informal.”

Direktur Utama PT Bank Bukopin Tbk, Glen Glenardi:

“Menurut saya situasi berbeda, tidak bisa lantas menilai masa A lebih baik dengan B. Setahun itu saya memiliki pengalaman menjalankan peruhaan saja satu tahun bukan jadi indikator, apalagi pemerintahan.

Secara overall sudah baik, tinggal mematangkan koordinasi kementerian lebih baik lagi supaya kondisi politik dalam negeri bisa lebih positif.”

Direktur Utama PT BPD DI Aceh (Bank Aceh), Busra Abdullah:

“(Kinerja pemerintahan Jokowi-JK) Masih biasa-biasa saja, karena kita jauh ya, kan kita di Aceh. Tapi secara keseluruhan sudah bagus. Seperti Rupiah kan sudah mulai bagus, tinggal sinergi BI dan OJK harus dipererat.”

Direktur Utama PT Bank BRI Syariah, Mochamad Hadi Santoso:

“Saya rasakan bagus, beliau juga support kok di perbankan syariah. Beberapa kami dilibatkan, bank syariah bahkan kalau jadi kami diundang LPS untuk bank syariah itu juga dipercaya utk membuka rekening-rekening pemerintahan. Selama ini kan belum.

Jadi untuk membesarkan bank syariah itu memang harus kepedulian pemerintah. Salah satu di antaranya, bank syariah itu harusnya diberi kepercayaan untuk ikut menyalurkan proyek-proyek dan membiayai proyek-proyek. Insya Allah itu salah satu cara, dan itu diberi kesempatan kita. Itu harapannya menjadi salah satu cara membesarkan bank syariah.

Regulasi sudah bagus. Jadi banyak yang sementara bank syariah itu masih kecil, banyak kemudahan yang dikeluarkan OJK. ” (*) Paulus Yoga

Paulus Yoga

Recent Posts

Pelukis Muhammad Yakin Raih Penghargaan UOB Painting of the Year 2024

Jakarta – Ajang lukis tahunan, UOB Painting of the Year (POY) 2024 kembali memberi penghargaan… Read More

5 mins ago

IFG Bayar Klaim Polis Jiwasraya Rp15,9 Triliun

Jakarta - PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life), telah membayarkan klaim polis Jiwasraya yang mencapai… Read More

54 mins ago

Komitmen Jaga Integritas, Bank Mandiri Gencarkan Kampanye Pemrosesan Data Pribadi

Jakarta – Menyusul penerapan efektif Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) No. 27 Tahun 2022… Read More

2 hours ago

Kredivo Tengah Jajali Pembayaran Paylater di Sektor Transportasi, Begini Strateginya

Jakarta - PT Kredivo Finance (Kredivo) tengah mengintip peluang pembayaran buy now pay later (BNPL)… Read More

3 hours ago

BI Tahan Suku Bunga, IHSG Siap ‘Ngegas’ Lagi?

Jakarta - Bank Indonesia (BI) pada hari ini (16/10) memutuskan untuk menahan suku bunga acuan… Read More

3 hours ago

Bos BI Proyeksi The Fed Bakal Pangkas Suku Bunga 50 Bps di Sisa Akhir 2024

Jakarta – Bank Indonesia (BI) memperkirakan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed masih akan membuka… Read More

3 hours ago