Bank Sumsel Babel Genjot Pertumbuhan Kredit Konsumtif dan Produktif

Bank Sumsel Babel Genjot Pertumbuhan Kredit Konsumtif dan Produktif

Bank Sumsel Babel Genjot Pertumbuhan Kredit Konsumtif dan Produktif
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (Bank Sumsel Babel) memandang penting sektor kredit konsumtif dan produktif sebagai target potensial untuk tahun ini.

Untuk mengejar target tersebut, CEO Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin mengatakan, pihaknya akan membidik ASN dan non ASN, serta memperbesar porsi kredit UMKM.

“Kita sih kalau kredit konsumtif pasti akan diusahakan mencapai target ya, karena kita ada ASN dan non-ASN juga kita lagi garap. Lalu, kredit produktif nih, tapi kredit produktif ini kita masuk ke UMKM dan insyaallah tercapai lah targetnya,” ujarnya, kepada Infobanknews, beberapa waktu lalu.

Pihaknya pun juga telah menyalurkan kredit usaha rakyat atau KUR sebesar Rp300 miliar lebih dari total Rp550 miliar dana KUR yang diberikan oleh pemerintah. Dirinya pun meyakini target penyaluran KUR sebesar Rp550 miliar akan tercapai pada tahun ini.

“Kalau untuk jumlah berapa UMKM yang sudah terima itu saya tidak pegang datanya kebetulan, tapi yang pasti kita itu untuk kredit konsumtif itu sekitar 70%, lalu produktif itu sekitar 30%. Nah, kemudian untuk yang produktif itu kita fifty-fifty dengan yang corporate kormersial, sama yang retail UMKM-nya ya,” tambahnya.

Ia lebih lanjut menjelaskan bahwa pihaknya membiayai UMKM dengan sistem cluster. Bank Sumsel Babel pun telah bekerja sama dengan berbagai institusi terkait, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam membantu proses penyaluran kredit kepada UMKM.

“Kemarin sudah kerja sama dengan OJK, dan itu ada di Oku Timur, itu juga dengan sistem cluster, itu bisa kita salurkan sekitar Rp2 miliaran. Kemudian, kita bisa salurkan cluster juga di Bangka terkait dengan udang itu Rp6 miliar. Lunas. Jadi, kita pakai cluster sistemnya. Jadi, cluster itu dari petani sampai ke atas itu kita sudah ada, dan transaksinya kita pakai QRIS,” terangnya. (Steven Widjaja)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]