News Update

Bank Sampoerna Bidik Laba Rp45 Miliar di 2020

Jakarta – PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) optimis dapat mencetak laba Rp45 miliar hingga akhir tahun 2020 meski ditengah pandemi covid-19. Dimana hingga kuartal III-2020 Bank Sampoerna masih membukukan laba sebesar Rp39 miliar.

“Profit asumsi kita ini sudah dekati akhir tahun kita optimis bisa ditutup diatas tahun lalu antara Rp39 miliar sampai Rp45 miliar lah laba kita tahun 2020,” kata Direktur Utama Bank Sampoerna Ali Rukmijah melaui video conference di Jakrata, Jumat 23 Oktober 2020.

Tak hanya itu, hingga kuartal III 2020, Bank Sampoerna masih mencatat pertumbuhan kredit sebesar Rp8,42 triliun yang ditopang oleh segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Secara loan (tumbuh) 8-9%. Di mana 60% portofolio (kredit) benar-benar menyalurkan pembiayaan ke UMKM. Dengan itupun, kita tetap berusaha menumbuhkan funding atau likuiditas dari deposito,” kata Chief Financial Officer (CFO) Bank Sampoerna Henky Suryaputra.

Henky menuturkan, segmen UMKM menyumbang 60% dari total kredit perseroan. Kredit tersebut disalurkan untuk usaha mikro, usaha kecil dan menengah, serta industri finansial.

Ia menjelaskan, penyaluran kredit ke usaha mikro mencapai Rp4,8 triliun. Persentasenya mendominasi kredit UMKM sebesar 57%.  Kemudian diikuti oleh kredit usaha kecil dan menengah sebesar Rp2 triliun (24%), dan kredit ke industri finansial sebesar Rp1,6 triliun (19%). 

Sedangkan untuk kredit di segmen institusi finansial biasanya disalurkan ke industri multifinance sekitar Rp900 miliar, koperasi & grameen sekitar 500 miliar, sementara untuk ke fintech sekitar Rp300 miliar. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

7 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

8 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

8 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

9 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

9 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

10 hours ago