Perbankan

Bank Raya (AGRO) Catat Pertumbuhan Laba 29,4 Persen di Kuartal III-2023

Jakarta – PT Bank Raya Indonesia Tbk (AGRO) mengumumkan kinerja keuangannya di kuartal III-2023, di mana laba bersih sebelum pajak Bank Raya berhasil tumbuh 29,4 persen secara tahunan menjadi Rp140,9 miliar.

Selain laba bersih yang tumbuh positif, Bank Raya sebagai bank yang berfokus pada bisnis digital dan menjadi bagian dari BRI Group, berhasil mencatatkan penyaluran digital lending atau pinjaman digital sebesar Rp775,4 miliar atau melesat 77,5 persen di akhir September 2023.

Lalu, jumlah transaksi pada Aplikasi Raya pun ikut meningkat sebanyak 287,8 persen dengan peningkatan jumlah nominal sebesar 196,2 persen secara tahunan, di mana fitur yang paling diminati adalah transfer online menggunakan BI Fast sebesar 59,2 persen.

Baca juga: Hingga Agustus 2023, Bank Raya Salurkan Pinang Dana Talangan Rp6,2 Triliun

Serta, transaksi pembayaran menggunakan QRIS sebesar 13,7 persen, transaksi top up e-wallet sebesar 13,1 persen, transfer sesama Raya sebesar 6,5 persen dan lain-lain sebesar 7,5 persen.

Direktur Utama Bank Raya, Ida Bagus Ketut Subagia, mengatakan bahwa, kinerja di kuartal III-2023 ini secara umum masih mengalami perlambatan, namun kinerja keuangan Bank Raya berhasil tumbuh positif yang ditopang oleh kinerja bisnis digital yang mampu tumbuh dua digit.

“Dengan pertumbuhan yang sudah sesuai dengan milestone kami yaitu melakukan scale up bisnis melalui ekosistem BRI Group, maka kami optimis hingga akhir tahun dapat membukukan laba lebih baik dari tahun sebelumnya,” ucap Bagus dalam keterangan resmi di Jakarta, 31 Oktober 2023.

Adapun, beberapa rasio kunci Bank Raya juga mengalami perbaikan, terlihat dari rasio BOPO yang mengalami perbaikan pada kuartal III-2023 sebesar 84,56 persen dibandingkan dengan periode yang sama sebelumnya sebesar 91,43 persen.

Baca juga: Nasabah Bank Raya Kini Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di Indomaret

Tidak hanya itu, Bank Raya juga memiliki rasio permodalan yang kuat, ditunjukkan dari Rasio CAR pada kuartal III-2023 sebesar 48,98 persen menguat dibandingkan periode yang sama sebelumnya sebesar 27,33 persen.

“Ke depan, sinergi Bank Raya dengan ekosistem BRI akan semakin diperkuat melalui berbagai kolaborasi program yang mendorong percepatan inklusi keuangan masyarakat melalui inovasi produk digital saving dan digital lending guna mendukung langkah kami menjadi bank digital pilihan bagi masyarakat,” tutup Bagus. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Bank Mandiri Kembali Meluncurkan Mandiri MyPertamina Card untuk Manjakan Pecinta Otomotif

Jakarta – Bank Mandiri terus konsisten mendorong inovasi yang Adaptif dan Solutif melalui perluasan ekosistem,… Read More

1 hour ago

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

14 hours ago

Lewat Cara Ini, Bank Sampoerna Perkuat Literasi Keuangan Gen Z

Jakarta - PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) menggelar event literasi keuangan bertajuk “Sampoerna High… Read More

16 hours ago

32.055 Tiket Maroon 5 Live in Jakarta Ludes Terjual di Livin’ by Mandiri

Jakarta - Official Banking Partner konser Maroon 5 di Jakarta, Bank Mandiri berhasil melayani penjualan… Read More

16 hours ago

Perkuat Positioning di Pasar Motor Listrik, UNTD Luncurkan Merek Baru Avand E-Motor

Jakarta – PT Terang Dunia Internusa Tbk (UNTD), produsen sepeda dan motor listrik terus memperkuat… Read More

2 days ago

CIMB Niaga Targetkan 10 Juta Nasabah di 2025, Begini Strateginya

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menargetkan pertumbuhan total jumlah nasabah sebesar… Read More

2 days ago