Perbankan dan Keuangan

Bank Permata Berikan Pelatihan Edukasi Keuangan di SDN Johar Baru 19 Pagi

Jakarta – Bank Permata memberikan edukasi kepada murid Sekolah Dasar Negeri atau SDN Johar Baru 19 Pagi dalam rangka meningkatkan inklusi dan literasi keuangan melalui program CERITA (cinta dan edukasi dari kita).

Direktur HR Bank Permata, Dayan Sadikin mengatakan, program CERITA yang merupakan bagian dari inisiatif CSR PermataHati ini sudah dilakukan delapan tahun lalu atau sejak 2016, bertujuan untuk meningkatkan inklusivitas keuangan sejak dini.

“Kita akan terus menjalankan program ini untuk memberikan awareness atau pemahaman bagaimana mengenal uang dan mengelola uang dari sejak dini,” ujar Dayan dalam acara program CERITA, Jumat, 25 oktober 2024.

Baca juga: Bank Permata (BNLI) Cetak Laba Rp2,8 Triliun, Ini Penopangnya

Dayan menjelaskan kegiatan edukasi bagi anak-anak Sekolah Dasar ini dikemas dengan simulasi, story telling dan permainan agar menumbuhkan literasi dan kecintaan menambung sejak dini.

“Memang kalau untuk usia SD pastinya kita akan menyesuaikan dengan prinsip pedagogi untuk anak-anak. Jadi di sini banyak metodenya yang dijalankan adalah dengan permainan. Sehingga nanti mulai timbul awareness-nya mengenai keuangan,” jelasnya. 

Adapun program ini, lebih menekankan anak-anak untuk mengenal fungsi uang dan bentuk uang. Sehingga, mereka bisa membedakan antara kebutuhan dan keperluan dalam memgeluarkan rupiah sejak dini.

“Mungkin kita dari zaman dulu sudah mengenal menabung. Tapi kita juga mengajarkan ke mereka mengenai apakah perlu untuk mengeluarkan uang untuk hal-hal tertentu atau tidak. Sehingga mereka juga kemudian bisa membedakan antara kebutuhan dan keperluannya,” pungkasnya. (*)

Editor: Yulian Saputra

Irawati

Recent Posts

SGMW Multifinance Indonesia Peroleh Fasilitas Kredit Rp170 Miliar dari Deutsche Bank

Jakarta - PT SGMW Multifinance Indonesia memperoleh fasilitas kredit pinjaman dari Deutsche Bank sebesar Rp170… Read More

32 mins ago

BNI Salurkan Kredit Hijau Rp188 Triliun di Kuartal III 2024

Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI di kuartal III 2024 mencatat… Read More

45 mins ago

Kinerja Impresif BSI Hasil Konsistensi Transformasi

Jakarta - Torehan kinerja PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang tumbuh impresif berkelanjutan tak… Read More

51 mins ago

Lewat Program Ini, Danamon Ajak Penyandang Disabilitas Berkarya di Dunia Kerja

Jakarta – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) meluncurkan program Danamon Berdaya Mengusung Kesetaraan (DAYATARA)… Read More

57 mins ago

J Trust Bank Pede Mampu Kantongi Laba Rp160 Miliar di Kuartal III 2024

Jakarta - PT Bank JTrust Indonesia Tbk atau J Trust Bank optimistis mampu melanjutkan kinerja positifnya di… Read More

1 hour ago

Judi Online Kian Mengganas, 14 Persen Pengguna Kelas Menengah Terimbas

Jakarta – Riset terbaru dari Inventure 2024 menunjukkan dampak judi online (judol) terhadap kelas menengah di Indonesia. Berdasarkan… Read More

2 hours ago