News Update

Bank Muamalat Siapkan 3 Langkah Roadmap Transformasi Digital

Jakarta – Di tengah pandemi, industri perbankan berlomba-lomba meningkatkan layanan digitalnya. Meningkatnya permintaan akan transaksi yang digital dan minim kontak membuat setiap bank beradaptasi dengan menyiapkan layanan dan fitur digital terbaru. Meski demikian, transformasi digital perbankan tidaklah mudah.

Ada beberapa langkah yang perlu dilalui sebelum sebuah bank dapat menerapkan transformasi digital tersebut. Dahnulbahri Noor, Head of IT Governance & Security, Bank Muamalat Indonesia menyebut bahwa setidaknya ada 3 langkah yang perlu dilalui untuk menerapkan transformasi digital. Pertama adalah komitmen dari manajemen dan kedua adalah perencanaan yang matang.

“Setidaknya ada 3 langkah. Pertama dukungan penuh dari manajemen. Komitmen mereka akan penting bagi kelangsungan transformasi digital. Kedua adalah perencanaan road map transformasi digital yang jelas dan detail. Kira-kira produk apa saja yang nantinya akan diunggulkan atau menjadi flagship,” jelas Bahri pada wawancara via virtual, Rabu 23 September 2020.

Langkah yang ketiga dan terakhir adalah memilih partner penyedia layanan teknologi yang tepat. Dengan berkolaborasi, bank yang hendak melakukan transformasi digital dapat merealisasikan rencananya dengan lebih cepat, efisien, dan fleksibel.

Bahri menjelaskan bahwa Bank Muamalat saat ini telah menjalin kerja sama dengan Oracle untuk mengembangkan produk dan sistem perbankannya. Bank Muamalat mulai menggunakan sistem komputasi awan dari Oracle, yaitu Oracle Cloud Infrastructure (OCI) untuk mengoptimalkan proses pengembangan produk dan sistem perbankan mereka. Ia menilai Oracle dapat memberikan layanan teknologi yang mumpuni dan berstandar internasional.

“Kita berpartner dengan Oracle untuk penyediaan environment development mobile banking berbasis cloud, Muamalat DIN (Digital Islamic Network). Bersama Oracle, cloud implementation time kita menjadi lebih cepat dan dari sisi performance lebih terjamin. Selain itu, dari sisi security tentunya juga lebih aman karena Oracle telah memiliki standar keamanan internasional,” ujarnya.

Kerja sama antara Bank Muamalat dan Oracle sejauh ini tampaknya sudah membuahkan hasil. Bank Muamalat diganjar beberapa penghargaan bergengsi dari instansi-instansi ternama, seperti peringkat pertama Digital Brand Award 2020 dari Majalah Infobank untuk Bank Syariah BUKU 2 dan Digital CX Awards dari The Digital Banker untuk kategori the Best Customer Experience – ATM untuk Omni Channels serta predikat Highly Acclaimed untuk Best Customer Experience in Islamic Banking. (*) Evan Yulian Philaret

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Target Ekonomi 8 Persen ‘Dinyiyirin’, Prabowo: Tunggu Tanggal Mainnya!

Jakarta – Presiden terpilih RI Prabowo Subianto mengakui target pertumbuhan ekonomi 8 persen di pemerintahannya… Read More

9 mins ago

Hadiri Festival Literasi Finansial, IFG Life Tegaskan Komitmen Dorong Literasi Keuangan

Jakarta – PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) bersama dengan para stakeholders di sektor keuangan… Read More

1 hour ago

BNI Asset Management Gandeng Bank BTPN Perluas Jaringan Distribusi Reksa Dana

Jakarta - BNI Asset Management (BNI AM) pada hari ini (9/10) mengumumkan kerja sama dengan… Read More

1 hour ago

BI Sebut Penjualan Eceran September Terkontraksi Secara Bulanan, Gegara Ini

Jakarta - Kinerja penjualan eceran pada September 2024 diperkirakan tumbuh melambat secara bulanan dan tahunan.… Read More

2 hours ago

Ingin Berkarier di Perusahaan Top? Gen Z Harus Lakukan Ini

Jakarta - Belakangan, dunia kerja mulai didominasi Generasi Z atau Gen Z. Mereka yang lahir… Read More

2 hours ago

Sah! RUPSLB MD Entertainment Setujui Akuisisi Net TV Senilai Rp1,65 Triliun

Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT MD Entertainment Tbk (FILM) yang… Read More

2 hours ago