Perbankan

Bank Mandiri Telah Lakukan Hal Ini Dukung Ekonomi Rendah Karbon

Jakarta – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) saat ini telah berkomitmen untuk mengatasi tantangan iklim dalam mendukung perjanjian Paris Aggrement untuk menuju net zero emission. Salah satunya melalui pembiayaan berkelanjutan yang menjadi pilar strategis Bank Mandiri.

Hal itu diungkapkan oleh Presiden Direktur Bank Mandiri, Darmawan Junaidi, dalam Mandiri Sustainability Forum 2023 yang diselenggarakan secara virtual, 7 Desember 2023.

“Transisi energi ini adalah kunci keberhasilan untuk mencapai komitmen perjanjian Paris dan Indonesia, dalam menanggapi hal ini, terutama mempromosikan pembiayaan berkelanjutan sebagai garis atas pada pilar strategis pertama kami perbankan berkelanjutan dengan tujuan utama untuk memimpin ekonomi rendah karbon,” ucap Darmawan.

Baca juga: Top! Bank Mandiri jadi Mitra Pengembangan Pasar Uang Terbaik BI

Dalam mendukung pembiayaan berkelanjutan tersebut, telah dibuktikan oleh Bank Mandiri melalui penyaluran portofolio berkelanjutan sebesar Rp253 triliun dengan porsi portofolio hijau sebesar 48 persen dari portofolio berkelanjutan. Ini yang membuat Bank Mandiri kini menjadi pemimpin industri dengan lebih dari 30 persen pangsa di sektor hijau.

“Kami juga turut ambil bagian dalam perdagangan karbon pertama di Indonesia pada bulan September 2023 untuk mendukung upaya pemerintah dalam menyiapkan mekanisme pasar dalam mencapai target pengurangan gas rumah kaca di masa mendatang,” imbuhnya.

Lalu, Bank Mandiri juga berkomitmen agar dapat menjadi yang terdepan dalam rencana pemerintah untuk mendukung transisi energi dalam rangka mencapai net zero emission di 2030 mendatang.

“Kami meningkatkan upaya digitalisasi kami melalui Livin dan Kopra platform yang mencakup upaya netral karbon melalui pemasangan panel surya dan berinvestasi pada mobil listrik sebagai mobil operasional yang mengembangkan rendah karbon,” ujar Darmawan.

Baca juga: Ini Strategi Bank Mandiri Jaga Kinerja Positif di Tengah Suku Bunga yang Tinggi

Untuk mendukung hal tersebut, Bank Mandiri juga telah melakukan transformasi terhadap cabang-cabang fisiknya sejak tahun 2021, di mana hingga saat ini Bank Mandiri telah menutup lebih dari 200 cabang untuk aspek sosial yang bertujuan untuk mendorong dampak sosial dan berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Oleh karena itu hari ini kita berkumpul di sini di Mandiri Sustainabilty Forum 2023, acara ini berfungsi sebagai platform yang subur untuk tindakan nyata untuk memimpin ekonomi rendah karbon yang selaras dengan pilar pertama kami seperti yang saya sebutkan,” tutupnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

CCP Tonggak Baru Peran KPEI di Pasar Uang dan Valuta Asing

Jakarta - PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) secara resmi mulai mengoperasikan Central Counterparty Pasar… Read More

5 hours ago

Masuk Bursa Kabinet Prabowo-Gibran, Airlangga dan Azwar Anas Bilang Begini

Jakarta – Dua menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi isu masuknya mereka ke dalam bursa kabinet… Read More

6 hours ago

BEI Optimistis Short Selling Dorong Peningkatan Likuiditas

Jakarta - Setelah meluncurkan layanan transaksi short selling pada hari ini (3/10), PT Bursa Efek… Read More

6 hours ago

Payroll BSI Masuk dalam Tiga Besar Bank yang Diminati ASN

Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) secara konsisten memperkuat dana murah melalui payroll.… Read More

8 hours ago

Pengguna GoPay Tembus 30 Juta Setahun setelah Diluncurkan

Jakarta - GoPay unit bisnis Financial Technology dari PT Goto Gojek Tokopedia (GOTO) mencatat kenaikan… Read More

8 hours ago

Industri Pengemasan Makanan Menggeliat, ALL Pack-ALL Print Indonesia Lakukan Ini

Jakarta – Industri pengemasan makanan atau Food Packaging Industry tengah menggeliat. Laju perkembangan industri ini ditaksir mencapai 6… Read More

8 hours ago