Perbankan

Bank KB Bukopin Raih Peringkat idAAA dari Pefindo

Jakarta – PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) berhasil mendapatkan peringkat idAAA dengan outlook stabil dari lembaga pemeringkat kredit di Indonesia Pefindo. Pencapaian ini menunjukkan keandalan perseroan dari sisi kekuatan finansial, stabilitas, dan berbagai keunggulan lain yang dimiliki oleh Bank KB Bukopin.

Wakil Direktur Utama KB Bukopin, Robby Mondong mengungkapkan rasa bangga yang luar biasa atas pencapaian yang diraih perseroan.

“Bank KB Bukopin bangga kembali mendapatkan peringkat idAAA dari Pefindo. Kerja keras dan dedikasi kami untuk terus mengedepankan keunggulan operasional, kepuasan pelanggan, dan terus berinovasi telah menuntun kami untuk mendapatkan peringkat tertinggi ini. Ke depannya kami berkomitmen untuk terus memenuhi kebutuhan klien dan seluruh pemangku kepentingan kami yang sangat berharga,” ujar Robby dalam keterangan resmi, Jumat 16 Juni 2023.

Baca juga: BNI Tokyo Kantongi Izin Operasional Full Bank

Seperti diketahui, Rating idAAA merupakan peringkat tertinggi dalam skala peringkat perbankan di Indonesia yang diberikan oleh Pefindo. Peringkat ini diberikan kepada emiten atau obligor dengan ekspektasi risiko gagal bayar yang paling rendah dibandingkan dengan semua emiten atau obligasi lain di Indonesia. Serta menandakan kemampuan obligor untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya, relatif terhadap obligor Indonesia lainnya. 

Berdasarkan pengumuman resmi di website Pefindo, pemberian peringkat tertinggi skala nasional kepada KB Bukopin ini mencerminkan ekspektasi Pefindo atas dukungan luar biasa kuat dari KB Kookmin Bank selaku induk bank yang berbasis di Korea Selatan.

Pefindo yakin dukungan yang sangat kuat dari KB Kookmin Bank sebagai dasar utama pemberian rating idAAA dengan outlook stabil tersebut, ditambah posisi pasar KB Bukopin yang kuat di industri perbankan, dan tingkat permodalan yang kuat. 

Peringkat bergengsi dari Pefindo ini merupakan buah dari dedikasi dan komitmen Bank KB Bukopin terhadap keunggulan finansial, manajemen risiko, dan posisi permodalan yang kuat. Pencapaian ini menandakan kapasitas Bank KB Bukopin yang sangat kuat untuk memenuhi kewajiban keuangannya. 

Selanjutnya pada tahun yang sama, Bank KB Bukopin juga mendapatkan rating tertinggi AAA(idn) dengan outlook stabil dari lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings. Memiliki pandangan yang sama dengan Pefindo, Fitch Ratings yakin KB Kookmin Bank akan memberikan dukungan kepada anak perusahaannya di Indonesia jika diperlukan, karena melihat bahwa Indonesia menawarkan jalur pertumbuhan baru bagi perusahaan induk di Korea Selatan.

Selain itu, Fitch yakin sebagai perwakilan perusahaan induk, KB Koomin Bank akan terus mendukung KB Bukopin untuk menjadi yang terdepan di layanan industri keuangan Nasional. 

Perseroan pun yakin dengan berbagai pencapaian ini menjadi indikator terhadap posisi keuangan dan kredibilitas Bank KB Bukopin yang solid di pasar, menampilkan bank sebagai pilihan investasi yang menarik dan dapat diandalkalkan, serta meningkatkan kepercayaan nasabah bahwa kebutuhan keuangan dan aset mereka berada di tangan yang mumpuni. 

Baca juga: Bank Mandiri Dinobatkan jadi Bank BUMN Terbaik Versi Forbes

Sekadar informasi, KB Kookmin Bank yang memiliki 67% saham KB Bukopin ini merupakan bagian dari grup bisnis keuangan terbesar di Korea Selatan, KB Financial Group dengan total aset USD560,1 miliar dan basis pelanggan yang mencapai 70% populasi Korea Selatan. Memiliki peringkat kredit tertinggi di antara bank-bank Korea Selatan, KB Financial South Korean banks, KB Financial Group Group juga dikenal sebagai entitas bisnis keuangan yang paling menguntungkan, solid, dan stabil. (*)

Editor: Galih

Irawati

Recent Posts

Bos OJK: Konsep IKN Financial Center Berbeda dengan Aktivitas Keuangan Lain

Balikpapan - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar membeberkan konsep pembangunan IKN Financial Center (pusat keuangan)… Read More

2 hours ago

Ikonik! Bank Mandiri Groundbreaking Gedung Mandiri Financial Center di Kawasan PIK 2

Banten - Bank Mandiri kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan melangsungkan groundbreaking… Read More

3 hours ago

Apa Kabar Anti Scam Center? Ini Jawaban OJK

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap alasan ‘molornya’ peluncuran Anti Scam Center (ASC) sebagai… Read More

3 hours ago

Awal Oktober 2024, Aliran Modal Asing Rp570 Miliar Masuk RI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat di awal pekan Oktober 2024, aliran modal asing masuk atau capital… Read More

4 hours ago

Di Tengah Isu Divestasi ANZ-Gunawan, Begini Laju Saham Panin Bank

Jakarta - Pemegang saham substansial PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) atau Bank Panin, yakni… Read More

4 hours ago

Rapor IHSG Sepekan: Turun 2,61 Persen, Kapitalisasi Pasar jadi Rp12.531 Triliun

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan data perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)… Read More

5 hours ago