Bank Kalteng Raih Penghargaan Infobank Top BUMD 2023

Bank Kalteng Raih Penghargaan Infobank Top BUMD 2023

Yogyakarta – Bank Kalteng mengukir prestasi di ajang Infobank Top BUMD Award 2023 dengan meraih penghargaan sebagai bank pembangunan daerah (BPD) berpredikat “The Best”. Penghargaan yang diberikan oleh Majalah Infobank di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Kamis, 11 Mei 2023, didasari atas rating kinerja keuangan BUMD keuangan 2023 yang sebelumnya telah diterbitkan Majalah Infobank.

Berdasarkan data rating tersebut – yang menggunakan data laporan keuangan per September 2021-September 2022, Bank Kalteng meraih predikat “The Best” untuk kategori BPD KBMI 1 kelompok aset Rp10 triliun sampai dengan di bawah Rp25 triliun.

“Atas nama pengurus dan pemegang saham kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya untuk apresiasi yang sudah diberikan ini,” ujar Ahmad Selanorwanda, Direktur Keuangan Operasional & Teknologi Informasi Bank Kalteng, usai menerima penghargaan.

Penghargaan yang diterima Bank Kalteng tidak lepas dari kinerjanya yang menawan selama periode September 2021-September 2022. Di tengah tantangan bisnis industri perbankan yang semakin ketat, Bank Kalteng mampu menjadi nadi ekonomi daerah melalui fungsi intermediasi yang dijalankannya.

Per September 2022, kredit yang disalurkan Bank Kalteng naik 17,47% secara tahunan atau menjadi Rp8,46 triliun. Meski gencar dalam menyalurkan kredit, Bank Kalteng tetap menerapkan prinsip kehati-hatian sehingga kualitas kreditnya tetap baik. Tercermin dari rasio kredit macet atau non performing loan (NPL) Bank Kalteng berada di angka 1,02%.

Di lain sisi, kepercayaan masyarakat untuk menaruh dananya di Bank Kalteng pun semakin meningkat. Total dana pihak ketiga (DPK) yang dikumpulkan Bank Kalteng naik 23,30% menjadi Rp10,46 triliun pada September 2022. Dari jumlah tersebut, 31,88%-nya berupa dana murah. Dengan fungsi intermediasi yang berjalan baik, Bank Kalteng meraup laba Rp269,69 miliar, naik 2,52%. Total aset Bank Kalteng naik 18,31% menjadi Rp13,12 triliun. 

Kinerja cemerlang Bank Kalteng sendiri berlanjut hingga tahun 2022 berakhir. Per akhir 2022, Bank Kalteng membukukan aset Rp13,29 triliun atau tumbuh 14,96%, dengan kredit dan DPK masing-masing Rp8,6 triliun atau tumbuh 13,72% dan Rp9,7% atau tumbuh 5,8%. Sedangkan labanya tercatat Rp256,2 miliar atau meningkat 6,5%.

Keberhasilan Bank Kalteng mencetak kinerja cemerlang disebabkan oleh sejumlah faktor. Antara lain tata Kelola yang baik dan dukung penuh dari para pemegang saham. “Selama ini Bank Kalteng dikelola dengan prinsip kehati-hatian dan profesional. Dalam menjalankan operasional Bank Kalteng, kami betul-betul didukung oleh pemegang saham,” tambah Selanorwanda.

Penyerahan penghargaan di ajang Infobank Top BUMD Award 2023 juga disaksikan oleh sejumlah kepala daerah dan pejabat penting lainnya, seperti Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur DI Yogyakarta, H. Sutarmidji, Gubernur Kalimantan Barat, Ivan Yustiavandana, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK),  Dian Ediana Rae, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Supriyatno, Ketua Umum Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda). Ayu Utami.

Related Posts

News Update

Top News