Perbankan

Bank Danamon Bidik Pertumbuhan Bisnis Wealth Management Naik 20 Persen, Ini Strateginya

Jakarta – PT Bank Danamon Tbk (BDMN) memproyeksikan bahwa bisnis wealth management di segmen nasabah privilege akan mengalami pertumbuhan sebanyak 20 persen di sepanjang 2024.

“Kami bisa menyebutkan bahwa dari tahun ke tahun dana kelolaan khusus wealth management tumbuh 25 persen yoy, ya tahun 2024 ini sebenarnya kami juga menargetkan sama ya sekitar 20-an persen juga,” ucap Consumer Funding and Wealth Business Head Bank Danamon, Ivan Jaya, kepada media dikutip, 1 Februari 2024.

Lebih lanjut, Ivan menuturkan bahwa hal yang juga mendukung pertumbuhan di bisnis nasabah privilege tersebut adalah adanya potensi pemangkasan suku bunga.

Baca juga: Dorong Ekosistem Wealth Management Syariah, BSI Sabet 2 Penghargaan Internasional

“Jadi saya melihat justru potensi kalau kita ada kecenderungan suku bunga itu dipotong bisnis wealth management harusnya meningkat karena saya ngga akan menaruh dana saya di deposito lagi, di tabungan lagi, lebih ke arah yang instrumen-instrumen yang memberikan imbal hasil yang lebih baik,” imbuhnya.

Selain adanya potensi pemangkasan suku bunga tersebut, Bank Danamon telah menyusun beberapa startegi untuk mendukung pertumbuhan bisnis wealth management. Salah satunya terkait literasi investasi bagi nasabah kelas atas.

“Pertama dari target segmennya dulu gitu ya kalo dari biasanya yang mempunyai atau yang berkeinginan untuk berinvestasi itu dari nasabah prioritas, kemudian nasabah yang lebih melek investasi, seperti nasabah gen Y dan Z yang tertarik untuk investasi,” ujar Ivan.

Baca juga: Sasar Nasabah Tajir, Maybank Indonesia Hadirkan Layanan Sharia Wealth Management

Ivan menegaskan bahwa, untuk membidik nasabah prioritas dari gen Y ataupun Z tersebut harus menggunakan strategi literasi dan investasi secara digital yang lebih familiar dengan generasi muda saat ini.

“Kalau yang gen Y dan Z strategi online, jadi metode kita untuk menyampaikan informasi edukasi investasi ini harus diubah, kalau dulu kan minimal bikin seminar silakan datang ternyata ngga bisa pake metode satu arah ngga bisa kita yang harus menyesuaikan,” tambahnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

8 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

8 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

8 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

11 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

12 hours ago

BEI Bakal Luncurkan Implementasi Intraday Short Selling di Kuartal I 2025

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan rencananya untuk melakukan implementasi Intraday Short Selling… Read More

13 hours ago