Categories: Perbankan

Bank BJB Gandeng LPEI Dorong Ekspor Indonesia

Bandung – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) mendukung pemerintah untuk terus mendorong dan meningkatkan ekspor Indonesia melalui kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak.

Salah satunya dengan melakukan Penandatangan Kerja Sama Penjaminan Kredit bersama Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), Jumat 25 Maret 2022 di Jakarta.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan bank bjb merasa senang bisa melakukan kerja sama dengan LPEI yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2009 dengan tujuan untuk menunjang kebijakan Pemerintah dalam rangka mendorong program ekspor nasional.

“Bank bjb senantiasa mendukung pemerintah untuk mendorong ekspor Indonesia. Kerja sama bank bjb dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) tentang penjaminan kredit akan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak,” ujar Yuddy pada keterangannya, 29 Februari 2022.

Dia menjelaskan LPEI memberikan pembiayaan pada area yang tidak dapat dimasuki oleh bank atau lembaga keuangan komersial. Lembaga tersebut juga dapat menyediakan pembiayaan bagi transaksi atau proyek yang secara komersial sulit dilaksanakan.

Dengan diperolehnya benefit atas kerja sama antara bank bjb dan LPEI, diharapkan BPD terbesar di Indonesia ini dapat memaksimalkan penyaluran kredit kepada debitur yang bergerak di bidang ekspor khususnya yang berada di Jawa Barat.

Yuddy menilai penyaluran kredit sangat bermanfaat demi mendorong pendapatan masyarakat karena kapasitas perusahaan yang meningkat bisa menyerap lebih banyak tenaga kerja. Selain itu dengan meningkatnya kapasitas perusahaan dapat menjadi sumber pendapatan bagi pemerintah daerah

“Kerja sama antara bank bjb dan LPEI merupakan salah satu langkah bank bjb dalam mendukung visi bank bjb Menjadi Bank Pilihan Utama Anda serta dalam rangka merealisasikan salah satu misi bank bjb yaitu memberikan kontribusi dan berpartisipasi sebagai penggerak dan pendorong laju perekonomian daerah serta memberikan manfaat terbaik dan berkelanjutan kepada stakeholder yaitu masyarakat Jawa Barat umumnya,” kata Yuddy.

Adapun penandatanganan kerja sama ini dihadiri Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi, Direktur Operasi bank bjb Tedi Setiawan, Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari, serta Pemimpin Divisi Operasi bank bjb Herry Yanson. Selain itu dihadiri juga oleh Direktur Eksekutif LPEI Rijani Tirtoso. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Evan Yulian

Recent Posts

Gojek Tingkatkan Literasi Keuangan Mitra, Tekankan Bahaya Judi Online

Jakarta - Platform transportasi online, Gojek sebagai bagian dari grup PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk… Read More

14 hours ago

Indonesia Ingin Gabung BRICS, CSIS: Kita Sudah Anggota G20

Jakarta - Indonesia dikabarkan membuka peluang untuk bergabung dengan BRICS, kelompok negara yang terdiri dari… Read More

15 hours ago

GREAT Prestige Optima Protector Meluncur, Bantu Realisasikan Tujuan Finansial Nasabah Lebih Cepat

Jakarta - Great Eastern Life Indonesia bersama dengan mitra strategisnya PT Bank OCBC NISP Tbk… Read More

16 hours ago

Andien hingga Maliq & D’Essentials Siap Hentak Panggung Golo Mori Jazz 2024

Jakarta – Perhelatan musik jazz berskala internasional, International Golo Mori Jazz 2024 bakal digelar pada… Read More

16 hours ago

Modal Asing Keluar dari RI Rp6,63 Triliun dalam Sepekan, Simak Rinciannya

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat adanya aliran modal asing keluar (capital outflow) senilai Rp6,63… Read More

16 hours ago

Bank Sulselbar Kantongi Laba Bersih Rp455,70 Miliar di Kuartal III 2024

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat atau Bank Sulselbar mencatatkan… Read More

17 hours ago