Teknologi

BackOffice Associates Kelola Master Data SMART

Jakarta – BackOffice Associates, perusahaan yang bergerak di bidang tata kelola informasi dan pengelolaan data di seluruh dunia, telah terpilih dan memenangkan proyek untuk meningkatkan pengelolaan master data dan otomatisasi proses bisnis di PT Smart Tbk (SMART).

BackOffice Associates akan menangani berbagai persyaratan pengelolaan data untuk SMART, termasuk menyatukan data keuangan, pelanggan, vendor, dan inventaris ke dalam suatu platform yang memungkinkan pemrosesan data lebih cepat, lebih transparan, dan terintegrasi untuk bisnis SMART.

Selama 15 bulan ke depan, BackOffice Associates akan menilai dan menyelaraskan kebutuhan pelaporan data SMART untuk mendukung pertumbuhan perusahaan. Hal ini menjadi penting sejalan dengan semakin ketatnya persaingan di dunia usaha sekarang ini. Oleh sebab itu beragam strategi guna meningkatkan daya saing penting untuk dilakukan.

Sebagai bagian dari program ini, SMART akan menggunakan Data Stewardship Platform (DSP®) milik BackOffice Associates dan aplikasi SAP® Master Data Governance untuk mengelola keperluan data. Pada April 2017, BOA meluncurkan DSP® di Indonesia. SMART merupakan perusahaan di Indonesia yang mengimplementasikan platform itu untuk bisnis hulu dan hilirnya.

CEO Asia Pacific Japan and The Middle East untuk BackOffice Associates Krish Datta mengaku, pihaknya sangat antusias karena terpilih sebagai partner implementasi SMART untuk menghadirkan sistem pengelolaan data yang kuat dan berharap dapat membantu melengkapi para pemimpin bisnisnya untuk menganalisis data secara detail dan terperinci.

“Serta meningkatkan efisiensi perusahaan secara keseluruhan dalam menghasilkan laporan bisnis,” ujar dia dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu, 2 Agustus 2017.

Sementara itu, Kepala Group Controller SMART Wong Hong Zhoud menambahkan, pihaknya kan terus-menerus meningkatkan kapabilitas perusahaan dengan teknologi dan alat terkini. Kesemuanya itu penting dilakukan guna memperkuat daya saing dan mengakselerasi laju bisnis di masa yang akan datang.

“BackOffice membantu kami dalam menghadirkan platform terintegrasi untuk melakukan pelacakan otomatis dari data bisnis kami secara real time serta menetapkan dan menerapkan kebijakan dengan visibilitas penuh,” ucapnya.

SMART merupakan salah satu perusahaan publik kelapa sawit berbasis konsumen. SMART mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada 1992. SMART merupakan anak perusahaan dari Golden Agri-Resources Ltd (GAR), salah satu perusahaan kelapa sawit terbesar di dunia dan terdaftar di Bursa Efek Singapura.

SMART mengelola seluruh perkebunan kelapa sawit milik GAR, menghasilkan total area tertanam yang dikelola sebesar 488.000 hektare (termasuk petani plasma) di Indonesia. Hubungan ini memanfaatkan skala ekonomi dalam pengelolaan perkebunan, teknologi informasi, penelitian dan pengembangan, pengadaan bahan baku, serta akses kepada jaringan pemasaran.

Di Indonesia, aktivitas utama meliputi penanaman dan pemanenan pohon kelapa sawit; pengolahan tandan buah menjadi minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan inti sawit; serta memperdagangkan dan mengolah CPO menjadi produk bernilai tambah, seperti minyak goreng, margarin, mentega, dan biodiesel. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Bank Jateng Sabet Penghargaan di Ajang Top 20 Financial Institutions Award 2024

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah atau Bank Jateng berhasil menyabet penghargaan prestius… Read More

45 mins ago

Respons Airlangga soal Prabowo Ambil Alih Pengawasan Kementerian Keuangan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto buka suara soal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang sudah tidak… Read More

1 hour ago

Kinerja Moncer, Tugu Insurance Boyong 2 Penghargaan di Top 20 Financial Institutions Award 2024

Jakarta - PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU) atau Tugu Insurance berhasil memboyong dua… Read More

1 hour ago

Asuransi TRIPA Raih Top 20 Perusahaan Asuransi Umum 2024

Jakarta - PT Asuransi Tri Pakarta (TRIPA) berhasil meraih penghargaan “Top 20 Perusahaan Asuransi Umum 2024” versi… Read More

2 hours ago

Beri Kuliah Umum di UINSU, Ini Pesan Dirut Bank Sumut

Jakarta – Direktur Utama Bank Sumut, Babay Farid Wazdi memberikan kuliah umum kepada mahasiswa-mahasiswi program studi S3 Ekonomi Syariah Fakultas… Read More

2 hours ago

Asuransi BUMIDA Masuk Jajaran Top Perusahaan Asuransi Umum 2024

Jakarta - PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 atau BUMIDA berhasil meraih predikat Top Perusahaan… Read More

3 hours ago