AXA Mandiri Salurkan Rp876 Juta untuk Dana Sosial

AXA Mandiri Salurkan Rp876 Juta untuk Dana Sosial

Jakarta — PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) unit Syariah mewujudkan komitmennya dalam menjalankan amanah para pemegang polis asuransi syariah dengan menyerahkan sebagian surplus underwriting atau selisih lebih dana tabarru yang berasal dari kontribusi pemegang polis Syariah, senilai lebih dari Rp876 juta, untuk disalurkan sebagai dana sosial.

Director of Sales AXA Mandiri, Henky Oktavianus mengatakan, dana surplus underwriting adalah selisih antara pendapatan dan pengeluaran Dana Tabarru’ untuk tahun berjalan sebagaimana ditetapkan dalam Polis. Biasanya selisih dari kontribusi para peserta asuransi syariah ke dalam Dana Tabbaru ini didapatkan setelah dikurangi pembayaran santunan atau klaim kontribusi asuransi dan penyisihan teknis dalam satu periode tertentu.

“Kami bersyukur hingga saat ini masih dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penyaluran sebagian dana surplus underwriting,” ujar Henky di Jakarta, Selasa (24/9).

Henky menambahkan, tahun ini sebagian dana surplus underwriting sebesar lebih dari Rp876 juta, meningkat dari tahun 2018 yang sebesar Rp847 juta, disalurkan oleh Unit Syariah AXA Mandiri melalui BAZNAS kepada tiga lembaga pengelola zakat, infaq dan sadaqah yakni Islamic Dakwah Fund (IDF), Dompet Dhuafa dan Mandiri Amal Insani.

Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan komplek pendidikan wirausaha khusus kaum dhuafa wanita yang berlokasi di Tangerang, pengadaan air bersih di beberapa wilayah di Indonesia dan pembangunan hunian sementara (huntara) bagi para Dai yang kehilangan rumah akibat bencana Tsunami dan Likuifaksi di Palu, yang dapat dihuni oleh para dai hingga kondisi keuangan mereka kembali pulih. Pembangunan huntara ini bekerja sama dengan Islamic Dakwah Fund (IDF) yang berada di bawah naungan Majelis Ulama Indonesia(MUI).

Ketua Umum MUI yang sekaligus Ketua Dewan Pembina IDF MUI, Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin yang turut hadir pada acara penyerahan surplus underwriting ini mengatakan, pihaknya berterima kasih dan mendukung penuh upaya Unit Syariah AXA Mandiri dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penyaluran dana surplus underwriting ini, yang tentunya akan dipergunakan dengan sebaik-baiknya demi kemaslahatan umat.

Sejak tahun 2012, Unit Syariah AXA Mandiri telah menyalurkan sebagian dana surplus underwriting kepada BAZNAS yang digunakan untuk pemenuhan kebutuhan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Program-program yang dijalankan di antaranya adalah bidang pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, dan kemanusiaan.

Sementara itu, Ketua BAZNAS, Prof. Dr. Bambang Sudibyo MBA menyampaikan, apresiasi atas komitmen Unit Syariah AXA Mandiri menyalurkan dana surplus underwriting melalui BAZNAS demi kemaslahatan umat. “Kami sangat mengapresiasi dan terus mendukung komitmen AXA Mandiri untuk menghibahkan dana surplus underwriting demi kebaikan masyarakat luas,” tuturnya.

Dia melanjutkan, kerja sama ini sangat penting bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program-program ketiga lembaga ini. “Kami mengharapkan kerja sama yang baik dapat terjalin secara berkelanjutan agar dapat menjadi contoh bagi perusahaan sektor swasta lain untuk melakukan kegiatan positif yang serupa,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Chief of Sharia AXA Mandiri, Srikandi Utami mengatakan, pihaknya berharap dana yang disalurkan tahun ini melalui BAZNAS kepada tiga lembaga pengelola dompet kemanusiaan tersebut, dapat memperluas jangkauan Unit Syariah AXA Mandiri dalam membantu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia, sejalan dengan tujuan perusahaan yakni Empower People to Live a Better Life. (*)

Related Posts

News Update

Top News