News Update

Awal Tahun, Modal Asing Sudah Masuk Rp10,1 Triliun

Jakarta – Bank Indonesia (BI) memandang, pada awal tahun 2020 kepercayaan investor terhadap pasar Indonesia masih tinggi. Hal ini tercermin dari aliran modal asing yang masuk (capital inflow) ke Indonesia selama tahun berjalan (ytd) hingga awal Januari 2020 mencapai Rp10,1 triliun.

“Update mengenai aliran portofolio asing yang masuk ke Indonesia pada awal Januari data sampai 9 Januari 2020 menunjukkan inflow portofolio jumlahnya Rp10,1 triliun,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo di Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Jakarta, Jumat 10 Januari 2020.

Lebih rinci lagi Perry menjelaskan, masuknya aliran modal tersebut melalui Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp10 triliun dan melalui pasar saham sebesar Rp1,3 triliun.

Perry menambahkan, aliran modal masuk tersebut juga didorong dengan angka Credit Default Swap (CDS) Indonesia yang masih dalam batas rendah pada level 61,3 basis poin (bps) sehingga kedepannya diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan pasar terhadap Indonesia.

“Mudah-mudahan inflow ini akan memperkuat stabilitas eksternal dan juga neraca perdagangan Indonesia pada triwulan I,” tambah Perry.

Dengan begitu Perry berharap, tingginya aliran modal masuk dapat menjaga stabilitas fundamental ekonomi sehingga menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga akhir tahun. (*)

Suheriadi

Recent Posts

Bikin Ngiler! Segini Uang Pensiun Jokowi Usai Lengser dari Jabatan Presiden

Jakarta - Pada 20 Oktober 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lengser dari jabatannya sebagai… Read More

2 hours ago

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Tewas dalam Serangan Israel

Jakarta – Pemimpin Hamas Yahya Sinwar dikabarkan tewas dalam serangan yang dilancarkan militer Israel di… Read More

2 hours ago

Bos BEI Harap Ada BUMN IPO di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan harapannya kepada pemerintah kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming… Read More

3 hours ago

Kadin Bentuk Asosiasi Keamanan Siber ADIKSI, Perkuat Ekosistem Digital di Indonesia

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meresmikan Asosiasi Digitalisasi dan Keamanan Siber Indonesia… Read More

3 hours ago

Bank Mega Syariah Umumkan Pemenang Program Berkah Berlimpah Mega Syariah Tahap Tiga

Jakarta – Bank Mega Syariah mengumumkan sebanyak 71 nasabah beruntung terpilih sebagai pemenang program Berkah Berlimpah Mega… Read More

3 hours ago

OJK Bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership, Perkuat Perasuransian di Asia

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan telah bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership (GAIP)… Read More

4 hours ago