News Update

Bisnis Asuransi Penyakit Kritis

Agus Benjamin, Direktur Utama Asuransi Lippo General Insurance

Ke depan, diperkirakan makin banyak orang yang mengidap penyakit mematikan, semisal stroke dan kanker. Gaya hidup tak sehat menjadi salah satu pemicu. Bagi Asuransi Lippo General Insurance, yang menggarap asuransi kesehatan, hal itu tentunya menjadi tantangan dan sekaligus peluang.
Bagaimana Asuransi Lippo General Insurance menyikapi hal itu? Berikut penuturan Agus Benjamin, Direktur Utama Asuransi Lippo General Insurance, kepada Gina Maftuhah dari Infobank. Petikannya:

WHO menyebut, tren penderita penyakit kritis terus bertambah setiap tahun. Bagaimana Anda melihat hal ini?
Lima tahun terakhir ini, saya melihat penyakit kritis memang lebih sering terjadi dibandingkan dengan 10 tahun lalu. Gaya hidup yang tidak sehat mungkin menjadi salah satu pemicunya. Melihat hal ini, kami juga memprediksi ke depan penyakit kritis akan lebih sering terjadi.

Bagaimana Lippo General Insurance yang Anda pimpin menyikapi hal ini?
Kami lebih sering menyadarkan masyarakat tentang upaya-upaya menjaga dan meningkatkan kesehatan. Kita tahu, penyakit itu bisa datang karena dua hal: gaya hidup dan genetik. Kalau yang kedua tidak bisa kita cegah. Namun, yang pertama kita bisa upayakan.
Kami sering memberikan seminar, misalnya, agar nasabah kami bergaya hidup lebih sehat, menyeimbangkan pola hidup, dan lainnya. Upaya ini juga menguntungkan mereka secara langsung.

Kalau dari segi bisnis, potensi apa yang dikembangkan di Lippo General Insurance?
Pada dasarnya, sebagian besar produk kami sudah menanggung risiko penyakit kritis. Namun, pada akhir 2015, kami juga membuat produk baru, Medical Second Opinion. Jadi, misalnya nasabah kami divonis mengidap salah satu penyakit yang superkritis, biasanya mereka tidak akan percaya dengan satu diagnosis dokter. Mereka ingin mendengar pendapat kedua (second opinion).

Produk ini akan memungkinkan nasabah kami mendapatkan kesempatan untuk memperoleh second opinion dari layanan-layanan kesehatan berkelas dunia yang tepercaya. Bila mereka positif mengidap penyakit tersebut, mereka juga akan mendapatkan akses lebih untuk mendapatkan pengobatan ini.

Bagaimana aplikasi model Lippo Insurance untuk produk ini?
Kami menggandeng beberapa partner luar negeri untuk produk ini. Di dalam negeri, kami juga menggunakan exclusive partner. Saat ini, kami belum bisa menyebut siapa-siapa saja mereka.

Berapa target pendapatan premi dalam satu tahun pertama dari produk ini?
Kami belum bisa katakan dengan pasti karena kami baru soft launching. Namun, kami melihat memang adal peluang dari produk ini.

Berapa pendapatan premi pada 2015 dari bisnis asuransi kesehatan?
Saat ini masih proses audit. Kami belum bisa bicara banyak. Namun, dibandingkan dengan 2014, premi kami masih bisa tumbuh sekitar 20%, jauh di atas industri. Total premi yang kami dapatkan selama tahun lalu sekitar Rp1,2 triliun. GM(*) Gina Maftuchah

Apriyani

Recent Posts

Perkuat Kerja Sama Bareng Kampus, CIMB Niaga Buka Digital Lounge di Malang

Jakarta -  PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus memperkuat kerja sama dengan berbagai kampus… Read More

1 hour ago

Berkat Kontribusi bagi Keberlanjutan Lingkungan, Ramon Armando Raih Penghargaan Kreatif di IDeaward 2024

Jakarta – Sebagai sosok yang dikenal di bidang keberlanjutan, Ramon Armando tak hanya memikirkan strategi… Read More

2 hours ago

Inovasi Duo Mahasiswa ITS, Sulap Limbah Minyak Bumi jadi Energi Listrik

Jakarta – Duo mahasiswa Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil menyulap limbah minyak… Read More

2 hours ago

Dampak Badai Helene pada Hardening Market Reasuransi, Ini Prediksi AAUI

Bali - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) memprediksi pasar reasuransi global tidak akan mengalami hardening… Read More

5 hours ago

Luhut Sebut Prabowo Setuju Pembentukan Family Office, tetapi Dijegal Satu Kementerian

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Presiden terpilih Prabowo Subianto menyetujui… Read More

16 hours ago

Konflik di Timur Tengah Bikin Kacau Layanan Penerbangan, Rute Asia dan Eropa Dialihkan

Jakarta - Sejumlah maskapai penerbangan telah mengalihkan banyak penerbangan melalui Afghanistan selama sepekan terakhir untuk… Read More

16 hours ago