Asuransi Sinar Mas Sabet “Golden Trohpy” di Infobank Insurance Awards 2020

Asuransi Sinar Mas Sabet “Golden Trohpy” di Infobank Insurance Awards 2020

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Asuransi Sinar Mas (ASM) terus bergeliat dari tahun ke tahun. Perusahaan asuransi yang dipimpin oleh Howen Widjaja sebagai Direktur Utamanya ini menyabet “Golden Trohpy” alias “lima tahun berturut-turut dengan predikat Sangat Bagus” pada Infobank Insurance Awards 2020 yang diadakan secara virtual pada bulan Agustus lalu.

Penghargaan yang diterima ASM ini sejalan dengan pencapaian kinerja yang positif. Hal tercermin dari jumlah investasi Asuransi Sinar Mas yang naik dari Rp5,44 triliun pada 2018 menjadi Rp6,30 triliun pada 2019. Total asetnya pun turut mengalami kenaikan dari Rp7,95 triliun pada 2018 menjadi Rp9,09 triliun pada 2019.

Selain itu, premi bruto Asuransi Sinar Mas juga mengalami kenaikan dari Rp6,63 triliun pada 2018 menjadi Rp10,11 triliun pada 2019, atau naik 52,45% yoy.

Sementara itu, dengan predikat “Sangat Bagus” lima tahun berturut-turut, Asuransi Sinar Mas menorehkan total skor 450.26, menjadikannya masuk peringkat dua dari empat perusahaan asuransi umum dengan predikat “Sangat Bagus” selama lima tahun berturut-turut (2015-2019).

Penghargaan diberikan berdasarkan hasil kajian Biro Riset Infobank bertajuk “Rating 105 Asuransi Versi Infobank 2020”. Rating didasarkan pada kinerja perusahaan asuransi (audited) dua tahun terakhir, yakni tahun 2018 dan 2019.

Dalam rating asuransi ini, Biro Riset Infobank mengelompokkan asuransi jiwa dan asuransi umum berdasarkan pendekatan premi bruto.

Adapun rasio-rasio yang digunakan dalam rating ini yakni rasio kecukupan modal (risk based capital/RBC), likuiditas, aset, kecukupan investasi, pertumbuhan premi bruto, pertumbuhan modal sendiri, premi bruto dibanding rata-rata modal sendiri, perimbangan hasil investasi dengan pendapatan premi neto, beban dibanding pendapatan premi neto, laba/rugi, premi retensi sendiri dibanding modal sendiri, dan hasil underwriting dibanding premi neto.

Berdasarkan penilaian sejumlah rasio keuangan tersebut, perusahaan asuransi yang berhasil meraih total nilai di 81% ke atas mendapat predikat “Sangat Bagus”. Perusahaan peraih predikat “Sangat Bagus” inilah yang dianugerahi penghargaan oleh Infobank.

Selain meraih penghargaan tahunan “Infobank Insurance Awards 2020”, dari 46 perusahaan asuransi tersebut, ada 5 perusahaan asuransi berhasil meraih Golden Trophy dan 5 perusahaan asuransi berhasil meraih Platinum Trophy, serta 7 perusahaan asuransi berhasil meraih Special Awards. (*) Steven

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]