Asuransi Sinar Mas Dukung Pengembangan UMKM Lewat Pelatihan

Asuransi Sinar Mas Dukung Pengembangan UMKM Lewat Pelatihan

Dolok Sanggul – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dan strategis dalam perekonomian Indonesia. Untuk mendukung itu, PT Asuransi Sinar Mas berupaya mendukung pengembangan UMKM melalui kegiatan pelatihan. Berbagai pelatihan telah dilakukan bagi UMKM seperti Pelatihan Pengembangan Kemasan Produk (Packaging, Branding, Labeling), Pelatihan Inovasi dan Diversifikasi Produk Berbasis Kopi, Pelatihan Tie Dye berbasis Eco Fashion, Pelatihan EcoPrint.

Melalui Corporate Social Responsibility (CSR), PT Asuransi Sinar Mas pun menggelar Pelatihan Klinik UMKM Pangan dan Literasi Keuangan bagi UMKM di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Pelatihan diadakan bagi UMKM yang bergerak di bidang kuliner (makanan dan minuman).

Dalam pelatihan ini peserta diberikan pengetahuan mengenai potensi usaha kuliner khas Indonesia, bagaimana cara membangun bisnis kuliner, keamanan pangan, serta membangun strategi branding bisnis kuliner oleh tim Aku Cinta Makanan Indonesia (ACMI) yaitu Santhi Serad (Praktisi kuliner, Kurator Brilianpreneur, Food Scientist, Ketua Perkumpulan Aku Cinta Makanan Indonesia), Janoe Arianto (CEO Advertising Agency Dentsu One) dan Astrid Enricka (Praktisi kuliner, Kurator Brilianpreneur).

“Pada tahun 2022 ini kami mengadakan pelatihan yang dikhususkan bagi UMKM yang bergerak di bidang kuliner seperti Andaliman merupakan bumbu masak khas Sumatra Utara. Maka dari itu, mari tingkatkan bisnis kuliner dengan memanfaatkan kekayaan pangan daerah, agar bisa menjadi produk-produk yang bisa membanggakan Kabupaten Humbang Hasundutan sampai ke kanca Internasional,” ujar Dumasi MM Samosir,  Direktur Asuransi Sinar Mas dalam keterangannya, di Jakarta, Senin, 6 Juni 2022.

Adapun pelatihan ini diikuti oleh 42 UMKM yang bergerak di bidang kuliner termasuk diantaranya para UMKM binaan Rumah Kreatif Sinar Mas yang tergabung dalam Koperasi Humbang Hasundutan Makmur. Melalui materi yang diberikan dalam pelatihan ini diharapkan peserta dapat menambah pengetahuan untuk meningkatkan kualitas produk pangan UMKM sehingga meningkatkan daya jual produk kuliner UMKM.

“Pelatihan bagi pegiat UMKM ini selain sebagai bentuk kepedulian kami untuk pengembangan UMKM, juga selaras dengan Kampanye Pantang Menyerah dalam rangka memperingati 100 tahun Bapak Eka Tjipta Widjaja di tahun 2022 ini. Semangat pantang menyerah dari Bapak Eka Tjipta Widjaja, kami harapkan juga dapat menginpirasi para pegiat UMKM yang mengikuti pelatihan untuk terus belajar dan semakin berkembang,” lanjut Dumasi.

Peserta juga diberikan materi literasi keuangan oleh tim literasi dari PT Asuransi Sinar Mas dan Danamas. Pentingnya pengelolaan keuangan dan pemahaman untuk mengelola risiko dalam usaha UMKM menjadi fokus dalam literasi keuangan. Tidak hanya bagaimana dalam mengelola risiko, materi mengenai investasi, bagaimana mengelola dana untuk masa depan seperti investasi dalam bentuk reksadana dan P2P juga diberikan oleh tim Danamas.

“Melalui kegiatan ini, kami selaku Dinas Koperasi, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Humbang Hasundutan, merasa bersyukur dan sangat berterimakasih kepada PT Asuransi Sinar Mas. Karena dengan adanya kegiatan pelatihan UMKM & Literasi Keuangan tersebut, sangat berguna bagi peningkatan kapasitas pemberdayaan manusia para pelaku UMKM serta meningkatkan daya saing UMKM kuliner di kawasan Humbang Hasundutan,” tambah Chiristison Rudianto Marbun M.Pd Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Humbang Hasundutan.

Seperti kegiatan literasi sebelumnya, PT Asuransi Sinar Mas juga membagikan Asuransi Simas Mikro Simas Perlindungan dan celengan impian secara Gratis bagi UMKM peserta literasi keuangan. Celengan Impian merupakan celengan sederhana yang diinisiasi oleh Asuransi Sinar Mas untuk mengedukasi masyarakat agar dapat menyisihkan uang untuk ditabung agar dapat mewujudkan impiannya.

Asuransi Sinar Mas konsisten menyelenggarakan kegiatan Literasi dan Inklusi Keuangan sejak tahun 2015. Kondisi pandemi yang terjadi pada 2 tahun lalu tidak menyurutkan ASM untuk tetap melaksanakan kegiatan literasi keuangan. Metode zoom/webinar dimanfaatkan ASM dalam penyelenggaraan literasi keuangan saat pandemi.

Pada tahun 2022 ini, Asuransi Sinar Mas menargetkan pelaksanaan literasi keuangan di 14 lokasi di luar Pulau Jawa seperti Banjarmasin, Balikpapan, Palangkaraya, Sumatera Utara, Jambi, Banda Aceh, Lhokseumawe, dan lain-lain. Adapun untuk target peserta literasi bervariasi mulai dari siswa/mahasiswa, UMKM dan petani. (*)

Related Posts

News Update

Top News