Keuangan

Asuransi Jiwa Sudah Bayarkan Klaim dan Manfaat Rp60,78 Triliun

Jakarta – Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengumumkan total klaim dan manfaat asuransi jiwa dikuartal II 2018 sebesar Rp60,78 triliun, atau mengalami peningkat sebesar 14,5 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp53,08 triliun.

Ketua Bidang Pendidikan dan Pengembangan AAJI Chris Bendl mengatakan, porsi terbesar pembayaran klaim dan manfaat adalah dari klaim nilai tebus (surrender) yang mencapai 57,3 persen dari total klaim dan manfaat, atau meningkat 16,2 persen menjadi Rp34,80 triliun bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar Rp29,96 triliun.

“Peningkatan ini menandakan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat yang semakin tumbuh terhadap produk asuransi,” ujar Chris di Jakarta, Senin, 27 Agustus 2018.

Dirinya merincikan, untuk klaim penarikan sebagian (Partial Withdrawal) berkontribusi sebesar 13,3 persen, atau turut naik sebesar 6,2 persen bila dibandingkan dengan periode kuartal lI 2017, dari Rp7,61 triliun menjadi Rp8,08 triliun. Pada kuartal II 2018 ini, klaim kesehatan (medical), tercatat meningkat 9,1 persen menjadi Rp4,72 triliun.

Baca juga: AAJI Tak Khawatir Bila Profesi Agen Akan Tergerus Digitalisasi

“Peningkatan ini didukung oleh meningkatnya klaim kesehatan kumpulan sebesar 8,7 persen dan klaim kesehatan perorangan sebesar 9,7 persen,” paparnya.

Namun demikian, dari sisi pertumbuhan total tertanggung industri asuransi jiwa mengalami penurunan 9 persen dari 58.509.690 orang di kuartal II 2017 menjadi 53.271.946 orang di kuartal II 2018. Menurut Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu, penurunan ini lebih disebabkan karena terjadinya penurunan jumlah tertanggung.

“Ini terjadi baik perorangan maupun kumpulan, dimana banyaknya klaim nilai tebus (surrender) dengan proporsi terhadap total klaim mencapai 57,3 persen,” ucapnya.

Berdasarkan catatan AAJI, pada kuartal kedua tahun 2018, penetrasi asuransi jiwa yang dilihat dari besarnya jumlah tertanggung perorangan terhadap jumlah penduduk menunjukkan nilai di angka 6,6 persen. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Ada Sri Mulyani-Raffi Ahmad, Ini Daftar Lengkap Calon Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Prabowo

Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto telah mengundang calon menteri dan wakil menteri (wamen) serta… Read More

2 hours ago

Resmi Diluncurkan, BMoney Privilege Lounge Tawarkan Pengalaman Investasi Menarik

Jakarta – BMoney resmi meluncurkan aplikasi BMoney Privilege Lounge yang hadir untuk menawarkan kenyamanan, kemewahan,… Read More

2 hours ago

Menteri Investasi Beberkan 2 Kunci Capai Pertumbuhan Ekonomi 5 Persen

Jakarta - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan Roslanie, menyebutkan bahwa, kunci untuk… Read More

2 hours ago

Calon Wamen Datangi Kediaman Presiden Terpilih Prabowo

Selebriti Raffi Ahmad sambangi kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, 15 Oktober… Read More

5 hours ago

Total 59 Calon Wakil Menteri dan Kepala Badan yang Sudah Dipanggil Prabowo, Ini Daftarnya

Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto menyudahi pemanggilan calon menteri dan wakil menteri (wamen) untuk kabinet… Read More

6 hours ago

DBS Indonesia Gandeng Moduit Perluas Akses Investasi Obligasi Pasar Sekunder, Targetkan AUM Rp500 Miliar

Jakarta - PT Bank DBS Indonesia (Bank DBS Indonesia), hari ini, Selasa (15/10), meresmikan kerja… Read More

6 hours ago