Categories: KeuanganNews Update

Asuransi Astra Raih Insurance Market Leader 2019

Jakarta – Asuransi Astra diganjar sebagai Insurance Market Leader 2019 berdasarkan premi bruto dalam Laporan Keuangan Publikasi per Desember 2018. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan asuransi jiwa dan asuransi umum yang telah berhasil mencatatkan kinerja keuangan yang lebih besar dan dominan selama tahun 2018 dibandingkan para pesaingnya.

Penilaian didasarkan pada kajian yang dilakukan oleh Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA) kepada 73 perusahaan asuransi umum berdasarkan pada premi langsung yang ditampilkan pada neraca publikasi tahun 2017-2018, dan sebagai hasilnya terdapat 15 perusahaan asuransi umum yang berhasil menempati posisi teratas pada riset ini dan dinobatkan menjadi market leaders.

Asuransi Astra berhasil masuk sebagai salah satu dari 15 perusahaan market leaders menurut LRMA. Perseroan berhasil mencatatkan penguasaan pasar sebesar 6,67% dari total pengumpulan premi langsung. Angka ini merupakan implementasi dari capaian premi langsung perusahaan pada tahun 2018 yang secara nominal tercatat sebesar Rp4,43 triliun.

Lia Singgih, selaku SVP Accounting & Finance Asuransi Astra mengungkapkan, bahwa kinerja apik ini adalah hasil dari diversifikasi dan sinergi bisnis-bisnis Asuransi Astra. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa integrasi antar layanan online dan offline menjadi aspek penting guna memenuhi kebutuhan nasabah.

“Kinerja bagus Asuransi Astra sepanjang tahun 2018 hingga dapat menghasilkan premi bruto sebesar Rp4,5 triliun ini, bisa terjadi karena diversifikasi dan sinergi bisnis-bisnis yang kami jalankan. Kami juga terus berupaya untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan dengan mengintegrasikan saluran layanan offline dengan layanan online guna memenuhi kebutuhan pelanggan, terutama di era digital saat ini,” jelas Lia dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 21 November 2019.

Lia menambahkan, untuk ke depan, Asuransi Astra akan terus menjaga konsistensi penerapan strategi 3P Roadmap (Portfolio, People, dan Public Contribution) serta alokasi investasi kepada target yang tepat dalam rangka menangkap setiap peluang pada kondisi market yang ada.

Secara keseluruhan, perolehan premi langsung secara total dari 73 perusahaan asuransi umum tumbuh cukup memuaskan di mana pada tahun 2017 tercatat perolehan premi langsung industri asuransi umum sebesar Rp60,23 triliun dan mengalami peningkatan menjadi Rp66,45 triliun di tahun 2018.

Kemudian menurut hasil kajian LRMA, terdapat 15 perusahaan market leaders industri asuransi umum yang berhasil mendominasi penguasaan pasar asuransi umum tahun 2018 yaitu sebesar 63,73 % dengan mencatatkan pendapatan premi langsung sebesar Rp42,34 triliun dari total Rp66,45 triliun yang diperoleh 73 perusahaan asuransi umum. (*) Evan Yulian Philaret

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Dukung Ekosistem Syariah, CIMB Niaga Kembali Gelar Haya Festival 2024

Jakarta - Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) kembali menyelenggarakan… Read More

53 mins ago

Memahami Pelonggaran Kebijakan Moneter The Fed

Oleh Ryan Kiryanto, Ekonom Senior dan Associate Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia MOMEN presentasi tiga… Read More

55 mins ago

BCA Digital Belum Ingin Keluarkan Produk Paylater: Kami Fokus Bantu Kelola Keuangan

Jakarta - Produk buy now pay later (BNPL) atau paylater mulai digandrungi oleh pelaku industri… Read More

57 mins ago

Bos BRI Kasih Bocoran Laba Bersih Kuartal III 2024

Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) memproyeksikan laba bersih di kuartal III… Read More

1 hour ago

LPEI Dorong UMKM ‘Naik Kelas’ di TEI 2024, Berikut Daftarnya

Jakarta – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) terus berupaya mendorong pelaku usaha untuk ‘naik kelas’ dan… Read More

1 hour ago

Lanjut Melemah, IHSG Ditutup Terkoreksi Sebanyak 0,74 Persen

Jakarta – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini, Rabu, 9 Oktober 2024, ditutup… Read More

1 hour ago