Ekonomi dan Bisnis

Astra International Bukukan Laba Bersih Rp8,7 T di Q1-2023

Jakarta – PT Astra International Tbk (ASII) mencatat kinerja perusahaan yang positif secara grup di kuartal I-2023, tercermin dari laba bersih grup yang meningkat 27% menjadi Rp8,7 triliun dari tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp6,85 triliun.

Kemudian, pendapatan bersih konsolidasian grup pada kuartal I-2023 tercatat sebesar
Rp83 triliun atau meningkat 15% dibandingkan dengan kuartal tahun sebelumnya yang sebesar Rp71,87 triliun.

Presiden Direktur ASII, Djony Bunarto Tjondro, mengatakan bahwa kinerja grup yang baik di tiga bulan pertama 2023 tersebut karena didukung oleh kinerja yang positif di hampir semua divisi bisnis.

“Meskipun kinerja grup pada sisa tahun 2023 berpotensi dipengaruhi oleh situasi ekonomi global dan pelemahan harga komoditas, grup optimistis namun tetap cermat melihat ketahanan ekonomi Indonesia dan grup berada di posisi yang baik untuk memanfaatkan pemulihan ekonomi Indonesia yang masih berlanjut,” ucap Djony dalam keterangan resmi dikutip, 23 Mei 2023.

Di sisi lain, nilai aset bersih per saham pada 31 Maret 2023 sebesar Rp4.937 atau 4% lebih tinggi
dibandingkan posisi tahun sebelumnya, dan kas bersih, tidak termasuk anak perusahaan jasa keuangan grup, mencapai Rp46,4 triliun pada 31 Maret 2023, dibandingkan pada akhir tahun 2022 sebesar Rp35,1 triliun.

Sedangkan, utang bersih anak perusahaan jasa keuangan grup meningkat menjadi Rp45,9 triliun pada 31 Maret 2023 dari Rp44,5 triliun pada akhir tahun 2022.

Secara rinci, laba bersih di tiap divisi sebagian besar menunjukkan peningkatan. Hal ini terlihat dari Laba bersih divisi otomotif grup meningkat 36% menjadi Rp3,0 triliun, yang mencerminkan terjadinya peningkatan volume penjualan.

Lalu, laba bersih divisi jasa keuangan grup meningkat 26% menjadi Rp1,9 triliun pada kuartal pertama tahun 2023 dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2022, terutama disebabkan oleh peningkatan kontribusi bisnis pembiayaan konsumen dan alat berat.

Selain itu, laba bersih grup dari divisi alat berat, pertambangan, konstruksi dan energi pun meningkat 27% menjadi Rp3,3 triliun, terutama disebabkan oleh kontribusi yang lebih tinggi dari penjualan alat berat, kontraktor penambangan dan pertambangan batu bara yang semuanya diuntungkan oleh harga batu bara yang cukup baik.

Kemudian, di divisi teknologi informasi grup, PT Astra Graphia Tbk yang 76,9% sahamnya dimiliki ASII mencatatkan laba bersih 58% lebih tinggi menjadi Rp19 miliar, terutama disebabkan oleh peningkatan pendapatan dan marjin usaha.

Sedangkan, laba bersih dari divisi agribisnis grup menurun 54% menjadi Rp179 miliar, terutama
disebabkan oleh harga jual dan volume penjualan kelapa sawit yang lebih rendah.

Adapun, laba bersih dari divisi properti grup turut menurun sebesar 15% menjadi Rp45 miliar, terutama karena serah terima unit proyek residensial Asya dan Anandamaya Residences yang lebih rendah, yang sebagian dikompensasi oleh tingkat hunian di Menara Astra yang lebih tinggi. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

8 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

9 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

9 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

9 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

10 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

11 hours ago