Moneter dan Fiskal

ASEAN Perkuat Koordinasi Atasi Isu Kawasan dan Stabilitas Ekonomi

Jakarta – Pertemuan ASEAN Finance and Central Bank Deputies Meeting – Working Group (AFCDM-WG) and Its Related Meetings telah digelar di Yogyakarta pada 10-14 Juli 2023. Dalam pertemuan ini negara Asean sepakat untuk meningkatkan upaya kolektif untuk atasi isu kawasan dan menjaga stabilitas ekonomi.

“Partisipasi ini (kehadiran Timor Leste) telah diamanatkan oleh para Pemimpin dan Dewan ASEAN Economic Community (AEC). Atas nama semua anggota ASEAN, saya dengan hangat menyambut Timor-Leste dalam pertemuan kita hari ini,” ungkap Kepala Pusat Kebijakan Regional dan Bilateral Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan, Yogi Rahmayanti dikutip 18 Juli 2023.

Beberapa agenda pada pertemuan tersebut antara lain pembahasan progres kerja sama ASEAN Chair Priorities 2023, Cetak Biru Masyarakat Ekonomi ASEAN, Peta Jalan untuk Integrasi Moneter dan Keuangan ASEAN, serta kerja sama keuangan ASEAN.

Baca juga: ASEAN Perkuat Konektivitas Pembayaran Regional dan Transaksi Mata Uang Lokal

Terdapat dua belas pertemuan yang meliputi pertemuan utama dan pertemuan pendukung seperti Seminar Implementasi Pendanaan dan Asuransi Risiko Bencana dan Implementasi Perlindungan Sosial Adaptif di Indonesia, Seminar Kolaborasi Sektor Keuangan dan Pertanian untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan ASEAN dan Steering Committee for Capacity Building (SCCB) Meeting ke-24.

Seluruh pertemuan itu merupakan bagian dari perjalanan proses kerja sama negara anggota ASEAN selama setahun penuh. Hasil diskusi pada pertemuan itu kemudian akan disampaikan pada ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors’ Meeting (AFMGM) yang kedua pada Agustus 2023 mendatang, yang akan bertempat di Jakarta. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

46 mins ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

2 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

8 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

9 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

22 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

23 hours ago