APPI: Perusahaan Pembiayaan Tidak Ingin Kendaraan Debitur Dieksekusi

APPI: Perusahaan Pembiayaan Tidak Ingin Kendaraan Debitur Dieksekusi

APPI: Perusahaan Pembiayaan Tidak Ingin Kendaraan Debitur Dieksekusi
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) beberapa waktu lalu memutuskan bahwa eksekusi jaminan fidusia bisa dilakukan tanpa melalui pengadilan. Mendengar penjelasan putusan ini, Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), mengungkapkan, perusahaan pembiayaan sebenarnya tidak ingin eksekusi jaminan fidusia dilakukan.

Menurutnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari eksekusi jika debitur menunjukkan itikad baik untuk berdiskusi. Salah satunya adalah dengan cara restrukturisasi kredit dan diskusi antar debitur kreditur sehingga, tercapai kesepakatan antara kedua belah pihak.

“Jika debitur dan unitnya ada, lebih kepada bagaimana kita melakukan restru dan diskusi. Intinya perusahaan pembiayaan tidak ingin kendaraan dieksekusi. Kita kasih uang inginnya kembali uang. Kita ingin ada kesepakatan, ayo kalo susah kita bantu,” jelas Suwandi Wiratno pada webinar yang diselenggarakan Infobank dengan tema, “Polemik Eksekusi Jaminan Fidusia, Bisa Dieksekusi Tanpa Pengadilan?”, Rabu, (06/10/2021).

Suwandi mengakui, banyak debitur yang terdampak oleh pandemi Covid-19 sehingga kesulitan membayar cicilan kendaraan. Meskipun demikian, restrukturisasi kredit bisa membantu debitur untuk pulih sehingga bisa kembali membayar dengan lancar.

“Selama pandemi, 5,2 juta debitur sudah kami bantu dengan nilai Rp200 triliun. Jumlah ini tidak kecil, mencapai 50% dari outstanding kami, tetapi tetap dibantu dan benar, 70% nya sudah kembali membayar normal,” jelasnya.

Menurut Suwandi, eksekusi jaminan fidusia merupakan cara terakhir yang bisa dilakukan perusahaan pembiayaan, ketika debitur gagal membayar cicilan. Adapun proses eksekusi tersebut juga harus melalui tata cara yang benar dan tidak boleh sembarangan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]