Teknologi

Aplikasi Ini Bisa Cek Produk Terafiliasi Israel, Download di Sini!

Jakarta – Sebuah aplikasi bernama ‘No Thanks’ tengah menjadi perbincangan hangat jagat maya karena memungkinkan pengguna mengetahui produk-produk yang terafiliasi dengan Israel.

Dalam sebuah video yang tersebar di media sosial menampilkan pengguna yang mendemonstrasikan proses pemindaian aplikasi secara real-time.

Di mana, aplikasi ini bisa memberikan informasi kepada pengguna tentang asal dan hubungan dari berbagai produk hanya dengan memindai kode batang produk.

Hal ini karena, aplikasi No Thanks memiliki fitur yang menunjukkan apakah produk mendukung Israel atau memiliki hubungan dengan negara tersebut.

Menariknya, fungsi unik ini sukses memicu minat dan diskusi masyarakat luas mengenai konsumsi barang yang layak di tengah perang Israel dan Hamas.

Penasaran dengan aplikasinya? Aplikasi No Thanks sendiri sudah bisa Anda unduh di Google Play Store untuk smartphone Android.

Sebelumnya, juga telah muncul situs bernama Bdnaash di media sosial yang berfungsi melihat merek atau produk tertentu yang terafiliasi dengan Israel. 

Situs ini pun ramai dikunjungi banyak pengguna karena penasaran akan produk sehari-sehari apa yang digunakan terafiliasi dengan Israel

“Sebuah platform yang mempromosikan konsumerisme yang teliti dengan mengidentifikasi/memfasilitasi akses terhadap informasi mengenai perusahaan-perusahaan mana saja yang mendukung atau tidak mendukung pendudukan ilegal Israel atas Palestina,” tulis Bdnaash, dalam website resminya, dikutip Kamis (21/11).

Berikut Link Cek Produk Terafiliasi Israel

– Buka laman https://bdnaash.com/

– Masukkan nama produk, perusahaan, atau merek yang ingin dicari tahu pada kolom pencarian yang tersedia.

– Klik ‘Ok’

– Situs akan menunjukkan apakah merek tersebut pro Israel atau tidak.

Jika nama produk yang Anda ketik terdaftar sebagai produk terafiliasi dengan Israel maka akan muncul tulisan ‘this brand support Israel occupation’ (produk ini mendukung Israel).

Sebaliknya, apabila produk, merek, atau perusahaan tidak terdaftar maka akan muncul kotak berwarna hijau dengan tulisan ‘no record found on this brand’ (tak ada rekam jejak soal merek ini).

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

7 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

8 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

8 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

9 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

9 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

10 hours ago