News Update

Apakah BI Akan Menyelamatkan Rupiah ?

Jakarta – Analis Riset ForexTime, Lukman Otunuga mengungkapkan dalam risetnya, ketegangan sektor perdagangan global dan prospek kenaikan suku bunga AS adalah kombinasi mematikan bagi mata uang pasar negara berkembang.

Bahkan Rupiah dinilainya sudah tergolong sangat tertekan terhadap Dolar, yang secara umum menguat pada perdagangan hari ini. Nilai tukar Dolar terhadap rupiah sempat melonjak menuju Rp14.173 pada saat laporan ini dituliskan.

“Dolar sangat terangkat oleh prospek kenaikan suku bunga Fed dan ketidakpastian geopolitik sehingga selera terhadap mata uang berisiko pun melemah, dan Rupiah tetap terancam terus melemah,” jelas Lukman di Jakarta, Kamis, 28 Juni 2018.

Perhatian investor sendiri akan tertuju pada rapat kebijakan Bank Indonesia hari ini untuk melihat apakah Bank Indonesia akan kembali meningkatkan suku bunga acuan sebesar 25bp lagi.

Perlu diperhatikan bahwa Bank Indonesia telah melakukan dua kali kenaikan suku bunga di bulan Mei sebagai upaya untuk menyelamatkan Rupiah dari apresiasi Dolar serta menarik arus masuk modal.

Karena depresiasi Rupiah terutama terjadi karena faktor eksternal, BI di nilainya kemungkinan besar memperketat kebijakan lagi untuk membantu mata uang domestik.

Sebelumnya, senior Research Analyst PT Infovesta Utama, Praska Putrantyo sempat mengungkapkan, salah satu upaya yang bisa dilakukan Bank Indonesia dalam membuat nilai tukar rupiah bisa kembali terjaga yakni menaikan suku bunga.

“Salah satu cara ya BI perlu kembali menaikan suku bunga,” jelas Praska di waktu dan tempat terpisah. (*)

Dwitya Putra

Recent Posts

Jurus BPR Intidana Tekan Kenaikan NPL hingga Akhir 2024

Jakarta - Industri Bank Perekonomian Rakyat (BPR) dihadapkan sejumlah tantangan. Salah satunya adalah rasio non… Read More

1 hour ago

Menkop UKM Minta Rempah-rempah Jangan Lagi Diekspor Mentah

Jakarta -  Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengingatkan bahwa hasil-hasil… Read More

1 hour ago

Akhir Bankir Cap “Celengan Semar”

Oleh Eko B. Supriyanto, Chairman Infobank Media Group OMAR Abdalla, bankir senior, di era 1980-an,… Read More

4 hours ago

IHSG Dibuka pada Zona Hijau ke Level 7.524

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9.00 WIB (14/10), Indeks Harga Saham Gabungan… Read More

4 hours ago

IHSG Diprediksi Bergerak pada Rentang 7.450-7.560, Sejumlah Hal Ini jadi Pendorongnya

Jakarta - Ajaib Sekuritas memprediksi Indeks harga saham gabungan (IHSG) secara teknikal diprediksi bergerak variatif… Read More

4 hours ago

UMKM, Good Agriculture Practice dan Asuransi Kegagalan Panen

Oleh Babay Parid Wazdi, Dirut Bank SUMUT dan Pemerhati UMKM PETANI merupakan bagian terbesar dari… Read More

4 hours ago