Ekonomi dan Bisnis

Antisipasi Lonjakan Barang di Libur Nataru, KAI Logistik Tambah Kapasitas Angkut

Jakarta – PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik), salah satu anak usaha KAI, ikut menyukseskan momentum libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) dengan memperkuat ekosistem logistik. Berbagai persiapan jelang masa puncak libur Natal dan Tahun Baru terus diupayakan pada aspek operasional.

Sejak awal Desember, tren pengiriman barang khususnya paket dan barang lainnya yang dilayani melalui KALOG Express terus memperlihatkan peningkatan dan akan diprediksi memasuki masa puncak pada libur Nataru 2023/2024. Mengantisipasi hal itu, KAI Logistik telah memetakan berbagai strategi dan persiapan untuk memastikan pelayanan prima sehingga mampu mengakomodir lonjakan pengiriman pada masa puncak tersebut.

Baca juga: Lakukan Diversifikasi Bisnis, Begini Langkah KAI Logistik

“Selama masa liburan ini, KAI Logistik menambah kapasitas angkut sebesar 25% khususnya pada beberapa kereta yang berpotensi mengalami kenaikan permintaan pengiriman. Dengan demikian kapasitas angkut harian berbasis KA menjadi 10 ton per hari, kapasitas ini tidak termasuk dengan moda lain yang juga digunakan dalam perluasan jalur distribusi,” ujar Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah dikutip 23 Desember 2023.

Selain itu, KAI Logistik juga telah melakukan penguatan konektivitas jaringan layanan sebagai upaya langkah strategis operasional distribusi. Bila sebelumnya KAI Logistik hanya berfokus kepada layanan berbasis angkutan menggunakan moda KA, namun saat ini, berbagai armada baik trucking maupun armada lainnya telah KAI Logistik gunakan untuk dapat mempercepat dan memperluas layanan pengiriman barang kepada pelanggan seiring perubahan izin usaha KAI Logistik menjadi Badan Usaha Angkutan Multimoda yang telah dikantongi sejak 2021.

Dengan optimasi armada penunjang untuk mempercepat dan menjangkau jaringan yang lebih luas, maka diharapkan pelayanan pengiriman dapat lebih optimal diantaranya waktu pengiriman barang, termasuk layanan pengiriman hingga alamat tujuan di seluruh wilayah jaringan KALOG Express,yang tersebar di 175 titik layanan.

Langkah strategis ini tentunya dilakukan sejalan dengan tagline ‘KAI Logistik ispossible’ yaitu dengan KAI Logistik semuanya menjadi mungkin, dimana dalam hal ini adalah memastikan kemudahan dan kenyamanan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan logistik di masa puncak liburan.

Baca juga: Pendapatan KAI Logistik Tembus Rp705 Miliar, Sektor Ini jadi Kontribusi Terbesar

“Selama masa liburan, KALOG Express akan libur beroperasi pada 24, 25, 26 dan 31 Desember 2023 serta 1 Januari 2024. Guna menghindari adanya penumpukan pengiriman, kami menghimbau kepada pelanggan agar dapat mengelola pengirimannya dalam waktu yang cukup. Untuk memudahkan akses layanan, pelanggan dapat melakukan cek tarif termasuk pelacakan secara real time melalui website kalogistics.co.id serta aplikasi Access by KAI,” ucap Malik.

Masa puncak liburan Nataru 2023/2024 diprediksi akan mengalami peningkatan sebesar 15-20% dan menyumbang 60.000 ton terhadap kinerja operasional tahun 2023. Kinerja volume tahun ini juga meningkat 30% dibandingkan periode yang sama tahun 2022. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

2 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

3 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

3 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

3 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

4 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

5 hours ago