Antisipasi Kunjungan Wisman, LPEI Dukung Vaksinasi Kawasan Wisata Samosir

Antisipasi Kunjungan Wisman, LPEI Dukung Vaksinasi Kawasan Wisata Samosir

Antisipasi Kunjungan Wisman, LPEI Dukung Vaksinasi Kawasan Wisata Samosir
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Samosir – Pemerintah Indonesia berencana membuka kembali pariwisata untuk wisatawan asing. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pembukaan kembali pariwisata di Indonesia, akan dilakukan secara bertahap apabila situasi pandemi di dalam negeri tetap terkendali seperti sekarang ini.

Dalam rangka mengantisipasi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Danau Toba dan Pulau Samosir, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/ Indonesia Eximbank sebagai Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan RI mendukung program vaksinasi di lingkungan obyek wisata di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

LPEI mendukung kegiatan vaksinasi dan memberikan bantuan dalam rangka percepatan pencapaian kekebalan kelompok atau herd immunity di wilayah Desa Sihotang, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Mengingat kawasan tersebut merupakan obyek wisata yang memberi kontribusi ekonomi dan menggerakkan perekonomian masyarakat.

Bersamaan dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sebanyak 200 dosis di Desa Sihotang
tanggal 21 September 2021, LPEI menyampaikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Samosir berupa 20 tabung oksigen dan 10.000 masker kain. Bantuan tabung oksigen diserahkan langsung secara simbolis oleh Direktur Pelaksana IV LPEI, Henry Sihotang, kepada Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom, disaksikan jajaran Pemkab Samosir, tokoh masyarakat dan peserta vaksinasi.

“Kami berkomitmen mendukung program vaksinasi yang sedang dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Samosir untuk terus mempercepat tercapainya herd immunity. Dengan pemberian tabung oksigen dan masker, harapannya penanganan dan pencegahan pandemik di kabupaten ini semakin optimal dan aktifitas ekonomi masyarakat perlahan pulih,” ujar Direktur Pelaksana IV LPEI, Henry Sihotang dalam keterangannya, seperti dikutip Kamis, 23 September 2021.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Samosir mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh LPEI. Pihaknya berharap program vaksinasi dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh warga Samosir yang memiliki komoditas unggulan berpotensi ekspor, seperti kopi, kakao, sereh wangi dan biji andaliman yang dapat dimanfaatkan sebagai bumbu racikan ataupun produk olahan seperti teh.

“Kabupaten Samosir mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh LPEI pada hari ini. Kami
pastikan baik dukungan vaksinasi, masker maupun tabung oksigen dapat dimanfaatkan
dengan baik oleh masyarakat maupun tenaga kesehatan di Kabupaten Samosir dalam
menghadapi pandemic COVID-19,” tambah Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom. (*)

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]