News Update

Angka Testing Covid-19 di Indonesia Belum Capai Standar WHO

Jakarta – Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19), Dewi Nur Aisyah mengungkapkan, angka testing Covid-19 di Indonesia hingga saat ini belum memenuhu standart Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Meski demikian, angka testing saat ini lebih baik bila dibandingkan saat awal pandemi covid-19.

Dirinya menjelaskan, berdasarkan standart WHO per satu juta penduduk harus dilakukan testing seribu orang per minggu. Dengan begitu bilamana penduduk Indonesia sebanyak 267 juta maka standart angka testing Indonesia ialah 267 ribu orang.

“Progres Indonesia dalam rangka mencapai target pemeriksaan WHO memang kita melihat ada progres yang cukup baik dari mulai bulan Juni meski di awal kan pemeriksaannya masih kecil sekali tidak mencapai 10%,” kata Dewi dalam video conference di Kanal Youtube BNPB Indonesia, Rabu 18 November 2020.

Dirinya menjelaskan, angka testing di Indonesia kini mulai membaik dimana bulan Agustus sudah mencapai 70% hingga saat ini bulan November sudah mencapai level 86% dari target yang ditetapkan oleh WHO atau masih sebanyak 232 ribu orang yang di tes setiap minggunya.

Menurutnya, ada beberapa penyebab yang membuat angka testing COVID-19 di Indonesia masih jauh dari standar WHO yaitu support yang diberikan pada SDM yang bekerja di waktu libur serta ketersediaan alat test di berbagai daerah. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Menko Airlangga Pede IHSG Tembus 8.000 di Tahun Ini

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimistis Indeks Harga Gabungan Saham (IHSG) akan… Read More

11 mins ago

Tunjangan Kinerja Pegawai Kemenko Perekonomian dan Kemenhub Disetujui Naik

Jakarta – Tunjangan kinerja (tukin) untuk pegawai Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan naik 100 persen.… Read More

29 mins ago

BEI Bidik 100 Pengguna Jasa Karbon di Akhir 2024

Jakarta – Bursa Efek Indonesia (BEI) menambahkan jumlah pengguna jasa karbon pada akhir tahun 2024.… Read More

44 mins ago

Turun 0,26 Persen, IHSG Kembali Ditutup Melemah ke Level 7.543

Jakarta – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini (3/10) kembali ditutup pada zona… Read More

1 hour ago

Ditanya Kapan Spin Off, Begini Jawaban Direktur Perbankan Syariah Maybank Indonesia

Jakarta - Unit Usaha Syariah (UUS) diwajibkan melakukan pemisahan unit atau spin off dari induknya,… Read More

3 hours ago

BUMN Business Forum 2024: Tantangan BUMN Menuju Transformasi Ekonomi

Jakarta - Anggota VII Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Slamet Edy Purnomo mengungkapkan berbagai tantangan… Read More

3 hours ago