News Update

Anak Usaha Pegadaian Lebarkan Sayap Bisnis

Yogyakarta – PT Pesonna Indonesia Jaya (PIJ), yang merupakan salah satu anak usaha dari PT Pegadaian (Persero) yang berdiri sejak 2015, terus mengembangkan bisnisnya dari berbagai sektor. Mulai dari construction, building management, Caffee, travel management, juga hotel.

“PIJ saat ini sudah mengembangkan beberapa bisnis di Indonesia. Dari bisnis-bisnis yang sudah berkembang ini, dapat membantu pemasukan untuk kinerja keuangan Pegadaian semakin meningkat,” kata Direktur Utama PIJ, Renni Sofiahani acara di acara Media Gathering & Workshop Pegadaian di Yogyakarta, Sabtu (27/7).

Renni menjelaskan bisnis construction yang digarap oleh PIJ adalah The Gade Village yang merupakan Balai Perekonomian Desa (Balkondes) dan Homestay di Desa Ngargogondo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. The Gade Village juga merupakan salah satu Program CSR Pegadaian dalam bentuk keterlibatan sinergi BUMN dalam membantu peningkatan ekonomi masyarakat.

Renni menambahkan, kehadiran The Gade Village ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebudayaan sekitar. “Melalui The Gade Village ini, Pegadaian dapat membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat baik untuk usia produktif, anak-anak sekolah hingga lanjut usia. Karena tren desa wisata memainkan peran penting sebagai kekuatan soft power Indonesia,” tukasnya.

Renni juga mengatakan, PIJ juga sedang menggarap bisnis perhotelan dengan nama Pesonna Hotel yang saat ini sudah berada di beberapa kota besar di Indonesia, diantaranya di Ampel Surabaya, Makassar, Pekanbaru, Semarang, Gresik, Tegal, Pekalongan, Malioboro dan Tugu Yogyakarta.

Semakin berkembangnya era digitalisasi saat ini, Pesonna Hotels tidak melihat hal ini sebagai ancaman. Tetapi memilih untuk ikut dalam perkembangannya. Salah satu tindakan nyata adalah membuat Booking Engine sendiri yang dipasang dalam Website Pesonna.
Guna menyasar target pasar yang lebih banyak, Pesonna Hotels membedakan ketika pengguna menggunakan Laptop/ komputer dan Handphone. URL yang dapat digunakan untuk melakukan pemesanan kamar adalah booking.pesonna.co.id (untuk laptop/ komputer) dan m.pesonna.co.id (untuk handphone).

“Di tahun 2019 kami menargetkan untuk perolehan pemesanan via Website Pesonna adalah 5 persen dari total Pendapatan pemesanan kamar,” ungkap Renni. (*)

Paulus Yoga

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

2 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

3 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

9 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

10 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

23 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

24 hours ago