Keuangan

Ambisi Asuransi Bumida Bidik Premi Rp1 Triliun, Ini Dia Jurus Ramli Forez

Jakarta – “Mengerikan. Kalau rapot merah terus berlanjut, kedepan perusahaan bisa SOS (bahaya),” tutur Ramli Forez, Direktur Utama PT Asuransi Umum Bumida 1967 (Asuransi Bumida), kepada Redaksi Infobank kala itu di kantor Asuransi Bumida, Jakarta.

Begitulah suasana kebatinan yang digambarkan Ramli, sapaan akrabnya, saat flashback ke tahun 2019 silam. Kalau waktu bisa diputar, boleh jadi masa itu adalah masa-masa genting Asuransi Bumida; rapot merah dan penolakan masyarakat, imbas dari masalah berat yang sedang menimpa induknya, AJB. Disaat bersamaan, Asuransi Bumida kala itu butuh sosok leader yang punya jam terbang tinggi menghadapi krisis.

Baca juga: Kejar Target Premi Rp1 Triliun di 2025, Dirut Bumida Siap ‘Tancap Gas’

Dan, Ramli Forez orangnya. Dengan perjalanan karier terhitung lebih dari tiga dekade, pria asli Buton – yang pada 2020 menjabat direktur pemasaran merangkap pelaksana tugas (plt) direktur utama (dirut) Asuransi Bumida, jadi orang pilihan untuk membalikkan keadaan Asuransi Bumida seperti sedia kala. Tetapi, ia hanya pelaksana tugas, tidak definitif duduk di kursi pimpinan tertinggi. Kenapa Ramli bersedia mengemban tanggung jawab itu?

“Bagi saya, tidak penting sebuah jabatan. Yang penting bekerja. Mau plt, mau definitif, atau apapun itu. Tidak masalah. Saya tidak mabuk jabatan. Kalau kita tetap bekerja, ‘kan hasilnya bukan karena jabatannya itu, tapi karena kita mau bergerak,” katanya.

Ramli segera bergerak, dan dihadapkan dengan dua pilihan. Satu, ikut terseret arus dan mati tenggelam. Atau dua, menjadi “anak” yang tangguh, bangkit tanpa bergantung lagi pada “orang tua”. Ia memilih nomor dua. Laiknya seorang nahkoda berpengalaman, Ramli tahu persis kemana arah kapalnya harus melaju.

Baca juga: Dirut Bumida Ramli Forez Didapuk Jadi Pemimpin Terbaik di Infobank Top 100 CEO 2023

Selain itu, dalam beberapa tahun mendatang Ramli punya ambisi besar, yaitu mencapai premi Rp1 triliun dalam waktu dua sampai tiga tahun mendatang. Lalu, seperti apa jurus dan strategi yang akan dilakukan Ramli untuk mencapai ambisinya ini?

Baca laporan selengkapnya tentang profil Ramli Forez di Majalah Infobank No.549 Edisi Januari 2024. (*) Ayu Utami

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

9 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

10 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

10 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

10 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

11 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

12 hours ago