Amartha Gandeng Bank Sulselbar Salurkan Pendanaan Rp100 Miliar ke UMKM

Amartha Gandeng Bank Sulselbar Salurkan Pendanaan Rp100 Miliar ke UMKM

Amartha Gandeng Bank Sulselbar Salurkan Pendanaan Rp100 Miliar ke UMKM
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Amartha Mikro Fintek (Amartha), fintech peer-to-peer lending bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah Sulselbar untuk menyalurkan modal usaha senilai Rp100 miliar. Modal usaha ini akan digunakan untuk pengembangan pengusaha mikro di wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Peresmian kerja sama ini dilakukan dengan penandatanganan surat perjanjian kerja sama. Penyaluran modal usaha akan dilakukan menggunakan sistem pola kredit channeling.

Hadi Wenas, Chief Commercial Officer Amartha, menyampaikan perseroan memang telah melakukan ekspansi ke pulau Sulawesi sejak tahun 2019. Kerja sama antara Amartha dan Bank Sulselbar merupakan wujud nyata upaya perseroan untuk mengakselerasi pertumbuhan UMKM di luar pulau Jawa, salah satunya di Sulawesi.

“Kami melihat pertumbuhan UMKM di Sulawesi cukup baik dan terbukti lebih stabil di tengah tantangan pandemi. Namun akselerasi pengembangan UMKM ini akan lebih mudah jika dilakukan dengan menggandeng investor perbankan yang sudah berpengalaman di daerahnya seperti Bank Sulselbar,” ujar Hadi pada keterangannya, 6 Oktober 2021.

Hingga September 2021, penyaluran dana untuk UMKM di Sulawesi sudah mencapai lebih dari Rp371 miliar, dan diprediksi dapat menembus Rp600 miliar hingga akhir tahun 2021. Potensi UMKM di Sulawesi juga sangat baik untuk dikembangkan, Amartha mengelola lebih dari 140,000 mitra di Sulawesi.

Pada kesempatan yang sama, Irmayanti Sulthan, Direktur Operasional & TI Bank Sulselbar mengungkapkan, Perkembangan UMKM di Sulawesi terbukti lebih stabil dan memiliki daya tahan yang cukup baik meskipun tantangan pandemi covid-19 belum usai.

Di tahun 2021, wilayah Sulawesi memiliki tingkat keberhasilan bayar terjaga di 99%. Artinya, proporsi kredit macet relatif sangat kecil sehingga UMKM dapat terus berkembang dan maju.

Kerja sama Bank Sulselbar dengan Amartha diharapkan dapat menjadi percontohan untuk bank lainnya agar memanfaatkan teknologi sebagai instrumen akselerasi ekonomi mikro terutama di pedesaan. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, di mana UMKM merupakan ujung tombak perputaran roda ekonomi nasional untuk dapat bertumbuh. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]