Categories: News UpdatePerbankan

Akusisi PermataBank oleh Bangkok Bank Rampung Kuartal III-2020

Jakarta – Proses akusisi PT Bank Permata Tbk (Permatabank) oleh Bangkok Bank Public Company Limited (Bangkok Bank) saat ini masih dalam tahap persetujuan regulator keuangan dalam hal ini Otortias Jasa Keuangan (OJK) dan Bank of Thailand (BOT).

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Keuangan Permatabank Lea Setianti Kusumawijaya saat menghadiri konfrensi pers mengenai kinerja tahun 2019. Lea memperkirakan, finalisasi pengakusisian akan rampung pada kuartal III-2020.

“OJK masih mereview ini kembali (proses akusisi) dan kemudian dari situ kalau sudah baru kita akan umumkan lalu RUPS baru masuk lagi ke OJK untuk persetujuan. Kalau dihitung hitung semua memang jatuhnya diperkirakan di kuartal III tahun ini, tapi ini proses bergantung pada OJK dan Bank of Thailand tapi diharapkan tahun ini,” jelas Lea di Jakarta, Rabu 19 Febuari 2020.

Menurutnya, saat ini kedua belah pihak baik PermataBank maupun Bangkok Bank masih melengkapi 3 dokumen pendukung dalam hal pengakusisian tersebut. Dimana salah satu dokumen tersebut adalah draft rencana akusisi.

“Artinya memang proses ini membutuhkan waktu bahwa dalam POJK harus ada tiga dokumen utama yakni pertama draft rencana akusisi, kemudian kedua draft akta pengalihan saham, dan ketiga itu tentunya dokumen fit and proper test dari Bangkok Bank sebagai pemegang saham yang baru,” tambah Lea.

Sebagai informasi, Bangkok Bank pada 12 Desember 2019 lalu telah mengumumkan pembelian saham bersyarat dengan Standard Chartered Bank dan PT Astra International Tbk. untuk mengakuisisi total 89,12% kepemilikan sahamnya di PT Bank Permata Tbk. Indonesia.

Tercatat Bangkok Bank mengantisipasi penawaran tender wajib (mandatory tender offer) untuk sisa 10,88% saham di Permata setelah merampungkan akuisisi saham kepemilikan sebesar 89,12%. Transaksi akan dilaksanakan berdasarkan penilaian yang disepakati sebesar 1,77 kali lipat dari nilai buku PermataBank. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

3 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

3 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

16 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

17 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

17 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

18 hours ago