News Update

Akira “Dragon Ball” Toriyama Tutup Usia Karena Pembekuan Darah Otak

Tokyo – Akira Toriyama, pencipta komik Dragon Ball dikabarkan tutup usia. Salah satu penulis manga paling berpengaruh dan terlaris sepanjang masa ini meninggal  dunia di usia 68 tahun.

Di lansir dari keterangan resmi rumah produksinya, Bird Studio, Toriyama dikabarkan meninggal pada 1 Maret karena pembekuan darah di otaknya.

Toriyama dikenal sebagai pencipta serial manga popular komik Dragon Ball. Serial Dragon Ball memiliki penggemar di seluruh dunia dan melahirkan serial anime, video game, dan film terkenal.

Seperti diketahui, serial manga yang ditayangkan pertama kali pada 1984 ini menggambarkan kisah seorang anak laki-laki bernama Son Goku. San Goku digambarkan sedang dalam pencarian mengumpulkan bola naga ajaib untuk melindungi Bumi dari makhluk asing humanoid yang disebut Saiyan.

Pada tahun 1989, film ini diadaptasi menjadi anime dan menjadi salah satu media Jepang yang paling dikenal secara global hingga terjual 260 juta kopi.

Baca juga:Profil Jacob Rothschild, Bankir Senior Dunia yang Wafat di Usia 87 Tahun

Toriyama sendiri telah berkutat di industri ini selama 45 tahun. Bahkan, hingga kematiannya, Ia masih mengerjakan karyanya yang belum selesai.

Toriyama telah menjadi sumber inspirasi bagi banyak seniman buku komik terkenal Jepang. Sebut saja Masashi Kishimoto, pencipta serial populer ‘Naruto’; dan Eiichiro Oda, pencipta salah satu anime ‘One Piece’ yang paling lama tayang.

Pengormatan Kepada Akira Toriyama

Banyak orang di Jepang dan seluruh dunia memberikan penghormatan kepada Toriyama. Hingga Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshimasa Hayashi secara resmi menyampaikan bela sungkawanya pada seniman tersebut. Ia juga mengatakan bahwa karya Toriyama telah memainkan peran yang sangat penting dalam menunjukkan soft power Jepang.

Selain itu, penghormatan juga disampaikan Masyarakat Tiongkok melalui platform media sosialnya Weibo, dan telah ditonton sebanyak 40 juta kali. Seperti diketahui, Dragon Ball karya Toriyama terinspirasi oleh sastra Tiongkok “Journey to the West,” yang menarik banyak penggemar Tiongkok.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan negaranya turut berbela sungkawa atas meninggalnya Toriyama. Ia mengatakan bahwa Toriyama adalah seorang kartunis terkenal, dan karyanya diterima dengan baik di Tiongkok.

Baca juga:Avenged Sevenfold Akan Gelar Konser di Jakarta, Berikut Rincian Harga Tiketnya

Pemakaman Toriyama sendiri dikabarkan dilakukan secara tertutup yang hanya dihadiri oleh keluarga dan sejumlah rekan dekatnya. Hal ini atas permintaan Toriyama sendiri yang ingin dimakamkan dengan ketenangan. Pihak keluarga menyampaikan keinginan almarhum yang tidak akan menerima bunga, hadiah belasungkawa, kunjungan, sesaji dan lain-lain. 

Sejumlah karya Akira Toriyama yang terkenal diantaranya adalah serial Dr. Slump yang populer pada dekade ’80-an dan Dragon Ball yang hit sejak dekade ’90-an.(*)

Galih Pratama

Recent Posts

Duh! Marak Anak Muda Nunggak Paylater hingga Sulit Akses KPR dan Dapat Kerja, Ini Pesan OJK

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa… Read More

2 hours ago

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

15 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

15 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

15 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

18 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

19 hours ago