Agar jadi Negara Maju, Ekonomi RI harus Konsisten Tumbuh 5,7% Hingga 2036

Agar jadi Negara Maju, Ekonomi RI harus Konsisten Tumbuh 5,7% Hingga 2036

Pertumbuhan Ekonomi 2022
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Saat ini Indonesia masih berstatus sebagai middle income country atau negara berpendapatan menengah. Merujuk catatan Kementerian PPN/ Bappenas, Indonesia sudah menggenggam status ini selama 29 tahun.

Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Eko Listiyanto mengatakan, untuk menjadi sebuah negara maju, setidaknya ekonomi Indonesia harus tumbuh konsisten di level 5,5% hingga 5,7% hingga tahun 2036.

“Untuk menjadi negara maju, kita minimal itu tumbuh setidaknya 5,7% atau 5,5% dan itu tidak hanya setahun atau dua tahun. Tapi harus sampai tahun 2036,” ujarnya, dalam acara Indef School of Political Economy (ISPE), yang digelar di Jakarta, 13 Desember 2022.

Jika Indonesia secara konsisten mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi tersebut hingga 2036, sambung Eko, maka produk domestik bruto (PDB) per kapita nasional mampu mencapai USD23 ribu.

Ia menjelaskan, tugas pemerintah dalam mendorong perekonomian masih sangat banyak agar status Indonesia bisa naik kelas. “Artinya, tugasnya masih banyak dan kita nggak bisa bergantung pada negara lain yang lebih jelek dari kita, terus dibandingkan dengan kita yang lebih bagus,” tegas Eko. (*) Bagus Kasanjanu

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]