Nasional

Adu Kekayaan Ridwan Kamil dan Ahmad Sahroni yang Diisukan Siap Bertarung di Pilgub DKI Jakarta

Jakarta – Dua politikus ternama, yakni Ridwan Kamil dari Partai Golkar dan Ahmad Sahroni Partai Nasdem kini tengah saling ‘senggol’ soal Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024 di jagat media sosial.

‘Perseteruan’ keduanya bermula dari baliho Ridwan Kamil dengan tulisan “OTW Jakarta nihhh” viral di media sosial. Baliho ini seolah jadi sinyal kuat mantan gubernur Jawa Barat (Jabar) ini maju di Pilgub DKI Jakarta 2024.

Baliho tersebut pun direspons Sahroni. Politikus asal Tanjung Priok, Jakarta Utara ini, terang-terangan mengatakan tidak melihat Ridwan Kamil sebagai halangan di Pilgub DKI Jakarta.

Setelah statement tersebut, Ridwan Kamil pun membalas dengan memposting video potongan Mandra dalam sinetron ‘Si Doel Anak Sekolahan’ yang berteriak ‘sombong amat’ dengan capiton, “Bang @ahmadsharoni88 ada salam dari Mandra. Hatur Nuhun,” tulis Ridwan Kamil dalam akun pribadinya @ridwankamil.

Baca juga: Viral Baliho Ridwan Kamil ‘OTW Jakarta Nih’, Kode Keras Maju Pilgub DKI?

Dalam kolom komentar, Sahroni langsung membalasnya, “@ridwankamil nuhun kang,” tulis Sahroni lewat akun Instagram-nya.  

Terlepas dari perseteruannya terkait kontestasi Pilgub DKI 2024, menarik untuk ditilik kekayaan dari kedua politikus tersebut. Infobanknews pun kali ini coba mengulik kekayaan Ridwan Kamil dan Ahmad Sahroni, siapa paling tajir?

Kekayaan Ridwan Kamil

Ridwan Kamil, ternyata menjadi salah satu mantan pejabat dengan kakayaan fantastis. Diketahui, Ridwan Kamil rutin melaporkan harta kekayaannya dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Berdasarkan data di situs e-LHKPN KPK, total harta kekayaan Ridwan Kamil yang tercatat hingga 31 Desember 2022 yang dilaporkan senilai Rp23,76 miliar.

Jika dirinci, Ridwan Kamil memiliki kekayaan yang bersumber dari tanah dan bangunan dengan total Rp19,44 miliar. Tanah dan bangunannya tersebar di Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Jakarta Selatan, hingga Gianyar, Bali.

Selain itu, Ridwan Kamil juga melaporkan kepemilikan alat transportasi dan mesin senilai Rp488,7 juta. Kendaraan tersebut di antaranya adalah mobil Hyundai Santa Fe Jeep tahun 2017, dan motor Royal Enfield Classic 500 tahun 2017.

Ada juga motor Kawasaki W175 tahun 2019, motor Honda Beat Matic 108 tahun 2018 dan Honda CBR Second tahun 2019.

Sedangkan kekayaan Ridwan Kamil yang berasal dari kas dan setara kas senilai Rp5,94 miliar. Dia juga melaporkan harta bergerak lainnya senilai Rp429 juta, surat berharga senilai Rp720 juta dan harta lainnya Rp213,29 juta. Adapun utang yang dilaporkan Ridwan Kamil sebesar Rp3,4 miliar.

Jika dibandingkan dari tahun ke tahun, nilai harta kekayaan kekayaan Ridwan Kamil pada 2022 tercatat naik Rp8,7 miliar atau 57 persen dari posisi 2018. Pada tahun tersebut (2018), Ridwan Kamil pertama menjabat sebagai gubernur Jabar melaporkan harganya senilai Rp15,05 miliar.

Baca juga: Siap Bela Prabowo-Gibran, Segini Kekayaan Yusril Ihza Mahendra

Kekayaan Ahmad Sahroni

Sepertinya kekayaan pria yang dikenal dengan Crazy Rich Tanjung Priok ini memang jauh lebih tinggi dibanding Ridwan Kamil.

Menurut laman LHKPN KPK, harta kekayaan Ahmad Sahroni untuk periode 2022 mencapai Rp298,8 miliar.

Sumber kekayaan terbesar Sahroni berasal dari aset tanah dan bangunan. Jumlahnya pun sangat fantastis, yakni Rp137,48 miliar.

Sahroni tercatat memiliki 16 aset tanah dan bangunan yang tersebar di wilayah DKI Jakarta. Mayoritas aset tesebut adalah hasil sendiri.  

Kemudian, Sahroni memiliki alat transportasi dan mesin yang terdiri dari 26 koleksi kendaraan, mulai dari mobil hingga motor senilai Rp20,13 miliar.

Ya, Sahroni memang dikenal sebagai pencinta otomotif. Dia memiliki koleksi mobil mewah seperti Ferrari 366 senilai Rp2,5 miliar hingga Porsche 9E3 RS yang ditaksir senilai Rp6,6 miliar.

Lalu, Sahroni juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp107,41 miliar, surat berharga Rp60 juta, kas dan setara kas Rp84,31 miliar.

Dalam LHKPN KPK, ternyata Sahroni tercatat memiliki utang Rp50,6 miliar. Jadi, jika ditotal secara keseluruhan, kekayaan Sahroni mencapai Rp298,8 miliar. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

3 mins ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

43 mins ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

56 mins ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

1 hour ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

2 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

3 hours ago