Adopsi Digital Tinggi, Bos Bank Jago Bicara Soal Potensi Penggunaan CBDC

Adopsi Digital Tinggi, Bos Bank Jago Bicara Soal Potensi Penggunaan CBDC

Bank Jago
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Bali – Direktur Utama PT Bank Jago Tbk (ARTO) Karim Siregar mengatakan mata uang digital bank sentral (CBDC) akan mendapat kepercayaan dan diterima masyarakat. Penggunaan CBDC juga bisa meluas secara cepat mengingat adopsi digital di Indonesia relatif tinggi, khususnya pembayaran dan pembelian secara digital menggunakan uang elektronik.

“Karena ini sama dengan uang cash. Saya percaya kepercayaan terhadap CBDC akan tinggi, karena ini tangguh dan efektif. Pastinya efisien dan kompetitif dalam payment landscape,” ujar Karim dalam Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) hari kedua sebagai side event rangkaian G20 Finance Track: Finance and Central Bank Deputies (FCBD) dan 3rd Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (FMCBG) di Nusa Dua, Bali, Selasa 12 Juli 2022.

Sebagai bank yang beroperasi secara digital penuh, lanjut Karim, Bank Jago ada di posisi yang bagus untuk bisa memainkan peran penting dalam membantu mempromosikan penggunaan CBDC. “Nasabah kami yang berada di ekosistem digital sudah memiliki kecakapan digital yang sangat tinggi, dan tentunya juga literasi digital yang tinggi. Mereka benar-benar sudah terbiasa menggunakan instrument digital untuk pembayaran,” jelasnya.

Baca juga : BI Berencana Terbitkan White Paper CBDC Digital Rupiah Akhir Tahun Ini

Ekosistem digital yang telah terkoneksi dan terus ditingkatkan melalui kolaborasi dengan berbagai pemain digital dipercaya akan meningkatkan penggunaan CBDC. Bank Jago misalnya, sudah menjalin kerja sama dengan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Ekosistem ini tentu dapat digunakan untuk memperkenalkan CBDC.
Bank Jago percaya CBDC akan memberi manfaat bagi perekonomian Indonesia. Bank Jago siap mendukung CBDC dan berkomitmen untuk berkontribusi dalam meningkatkan adopsi CBDC. (*) Ari Astriawan

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]