Keuangan

Adira Finance Tingkatkan Pembiayaan Syariah Lewat Transformasi Pasar Tradisional

Jakarta – PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) memperkuat posisinya dalam mendukung sektor pembiayaan syariah dengan strategi pemberdayaan pasar tradisional melalui Festival Pasar Rakyat (FPR) 2024. Festival ini telah digelar di Pasar Pahing, Kediri, pada 5-6 Oktober 2024.

Festival Pasar Rakyat kali ini mengusung berbagai inisiatif strategis untuk meningkatkan daya saing pasar tradisional sekaligus memperkuat pembiayaan syariah di segmen UMKM.

Melalui Unit Usaha Syariah, Adira Finance bersama Danamon Syariah memberikan edukasi terkait perencanaan keuangan haji dengan memperkenalkan Tabungan Rencana Haji iB dan Tabungan Wadiah.

Head of Syariah Adira Finance, Yusron mengatakan, langkah ini dirancang untuk memfasilitasi pedagang pasar dalam mempersiapkan ibadah haji, serta mendukung pengelolaan keuangan harian mereka dengan layanan syariah yang lebih inklusif.

Baca juga: Begini Strategi Adira Finance Genjot Pembiayaan Syariah

“Melalui literasi keuangan dan pengenalan produk syariah, kami berharap bisa membantu para pedagang mencapai kesejahteraan yang lebih baik sekaligus memperkuat ekosistem keuangan syariah di pasar-pasar tradisional,” ujar Yusron dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (8/10).

Selain layanan keuangan, Adira Finance juga menyelenggarakan pelatihan digitalisasi yang meliputi pemanfaatan platform bisnis dan aplikasi pembayaran non-tunai.

Inisiatif tersebut bertujuan untuk membantu pedagang beradaptasi dengan tren modern, sehingga mereka dapat menjangkau pasar yang lebih luas, terutama generasi muda yang terbiasa dengan transaksi digital.

Tak hanya itu, program sertifikasi halal diberikan kepada 34 pedagang sebagai upaya untuk meningkatkan standar mutu dan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dijual.

“Dengan adanya sertifikasi halal, kami berkomitmen mendukung daya saing produk lokal agar bisa bersaing di pasar yang lebih luas,” lanjut Yusron.

Festival Pasar Rakyat 2024 juga berfokus pada peningkatan kebersihan dan pengelolaan sampah di pasar. Mesin pencacah sampah dan tempat sampah pilah diberikan untuk membantu para pedagang menjaga kebersihan lingkungan.

Baca juga: OJK Beri Izin Usaha Perusahaan Pembiayaan Dana Kini Finance

Selain itu, revitalisasi fasilitas umum seperti musala dan toilet serta penanaman 50 pohon menjadi bagian dari upaya menciptakan pasar yang lebih nyaman dan ramah lingkungan.

Adira Finance juga memberikan penawaran bagi pengunjung yang mengajukan kredit motor. Terdapat potongan angsuran Rp100 ribu dan potongan cicilan 3 kali untuk merek tertentu.

Untuk kredit e-bike (sepeda listrik), tersedia penawaran potongan tenor 1 kali untuk merek Viar. Kemudian, pengajuan pinjaman dana tunai dengan jaminan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) kendaraan akan mendapatkan cashback Rp300 ribu.

Sementara, untuk konsumen yang mengajukan pembiayaan umroh akan mendapatkan cashback uang saku Rp1 juta dan tambahan Rp100 ribu adirapoin. (*) Alfi Salima Puteri

Galih Pratama

Recent Posts

Istana Pastikan Jokowi Hadir di Acara Pelantikan Prabowo-Gibran

Jakarta - Istana memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri pelantikan Prabowo dan Gibran sebagai… Read More

36 mins ago

BTN Sabet Penghargaan Annual Report Award (ARA) 2023

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu memegang piala Annual Report Award (ARA) 2023 yang diraih… Read More

37 mins ago

Jokowi: Hilirisasi dan Digitalisasi jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi RI

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, sikap optimisme diperlukan dalam rangka mencapai target peningkatan… Read More

1 hour ago

AFTECH Ungkap Penurunan Suku Bunga Fintech Lending Perluas Akses Masyarakat

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menurunkan suku bunga pinjaman secara bertahap untuk fintech peer… Read More

1 hour ago

Anggaran Program Makan Bergizi Gratis Habiskan Rp800 Miliar per Hari

Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana Read More

2 hours ago

Soal Pendekatan dengan Konsumen, AFTECH Sarankan Fintech ‘Berguru’ ke BPR dan BPD

Jakarta - Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) mendorong para pelaku fintech untuk “berguru” kepada Bank Perekonomian… Read More

3 hours ago