Ekonomi dan Bisnis

ADB Kucurkan Dana US$1 Miliar Untuk Bencana Gempa dan Tsunami di Sulteng

Nusa Dua – Asian Development Bank (ADB) mengucurkan dana bantuan sebesar US§1 miliar untuk daerah terdampak oleh gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng). Dana ini nantinya bisa digunakan untuk mendukung keperluan anggaran secepat mungkin dan upaya rekonstruksi di daerah terdampak bencana.

Presiden ADB Takehiko Nakao dalam Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018 di Bali mengatakan, ADB akan memberikan pinjaman bantuan anggaran darurat hingga senilai US$500 juta. Selain itu ADB juga akan memberi pembiayaan tambahan sekitar US$500 juta melalui pinjaman untuk rekonstruksi proyek infrastruktur.

“Untuk mendukung rekonstruksi infrastruktur yang sangat penting, termasuk pasokan air dan sanitasi, sekolah, jalan dan jembatan, serta jaringan listrik,” ujarnya di Nusa Dua, Bali, seperti dikutip, Sabtu, 13 Oktober 2018.

Menurutnya, bantuan darurat sebesar US$1 miliar tersebut di luar program pinjaman reguler ADB bagi Indonesia yang rata-rata mencapai US$2 miliar setiap tahunnya. Tak hanya itu, pinjaman bantuan darurat akan disiapkan dengan berkoordinasi dengan pemerintah, masyarakat yang terdampak, dan para pemangku kepentingan lainnya, serta diproses secara cepat untuk dapat segera disetujui Dewan Direktur ADB.

“Pinjaman tersebut akan memiliki ketentuan khusus berupa masa tenggang 8 tahun dan masa pembayaran kembali selama 32 tahun, lebih lama daripada biasanya. ADB juga akan memberi bantuan teknis guna mendukung kebutuhan kajian kerusakan yang dipimpin pemerintah, dan juga perencanaan pemulihan dan rekonstruksi,” ucapnya.

Sebelumnya pada 8 Oktober 2018 lalu, ADB telah menyetujui hibah darurat senilai US$3 juta yang berasal dari Dana Tanggap Bencana Asia Pasifik (Asia Pacific Disaster Response Fund) ADB untuk mendukung upaya pemberian bantuan dengan segera di Sulawesi Tengah. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Inflasi Medis Melangit, Bundamedik Tempuh Langkah Ini

Jakarta - Inflasi kesehatan atau inflasi medis kini tengah menjadi sorotan sejumlah pihak. Meningkatnya biaya… Read More

58 mins ago

Prudential Indonesia-UNICEF Kolaborasi Dorong Partisipasi PAUD di NTT

Jakarta - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bersama Prudence Foundation berkolaborasi dengan UNICEF Indonesia… Read More

2 hours ago

Nasib Keberlanjutan Program Kartu Prakerja Ada di Tangan Prabowo

Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mendorong keberlanjutan program Kartu Prakerja di masa kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo… Read More

2 hours ago

Merangkap Jadi Menaker, Airlangga Siapkan Rencana Kenaikan UMP Tahun Depan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemban tugas baru sebagai Ad Interim (tugas sementara) Menteri… Read More

2 hours ago

Pahami 4 Hal Ini Agar Terhindar dari Investasi Ilegal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kerugian masyarakat akibat investasi ilegal atau bodong di… Read More

2 hours ago

Bundamedik Cetak Laba Bersih Naik 199 Persen di Semester I 2024, Begini Strateginya

Jakarta - PT Bundamedik Tbk atau Bundamedik Healthcare System (BMHS) sebagai salah satu emiten kesehatan… Read More

2 hours ago