Ada QRIS Antarnegara, Turis Tak Perlu Bawa Uang Tunai Lagi

Ada QRIS Antarnegara, Turis Tak Perlu Bawa Uang Tunai Lagi

QRIS Antarnegara
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan QRIS Antarnegara. Dimana pada tahap pertama ini, QRIS Antarnegara sudah mulai berjalan dan terkoneksi dengan Thailand. Tentunya dengan adanya QRIS ini, para turis Thailand yang datang ke Indonesia atau sebaliknya, tidak perlu lagi membawa uang tunai.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta menjelaskan, QRIS dapat digunakan oleh turis asing untuk pembelian di berbagai merchant, selama ada sistem pembayaran QR Codenya. QRIS Antarnegara sendiri akan memudahkan turis Indonesia ataupun Thailand dalam bertransaksi.

“Sama seperti dalam melakukan pembelian, di e-commerce atau tempat wisata, bisa dipakai disana sepanjang tempay wisatanya memakai QR,” ujar Filianingsih di Jakarta, Selasa, 30 Agustus 2022.

Lebih lanjut Filianingsih menambahkan, potensi penggunaan QRIS ini akan tergantung dari jumlah pemakaian oleh turis. “Karena kita tidak tahu berapa turis yang akan datang. Kalau ditanya potensinya berapa, ya itu nantinya turis-turis yang datang tidak lagi membawa uang cash tapi menggunakan QRIS,” ungkapnya.

Baca juga : Makin Mudah, Kini Transaksi QRIS Bisa Digunakan di Thailand 

Namun demikian, tambah Fili, Bank Indonesia tidak memasang target jumlah transaksi dalam pemanfaatan pembayaran melalui QRIS Antarnegara. “Kita tidak punya target. Di era pandemi ini kita semua lagi uncertainty, tidak dipasang target, yang terpenting sudah interkoneksi,” pungkasnya. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]