Categories: Moneter dan Fiskal

Ada Corona, BI Pastikan Kepercayaan Pasar Tetap Confidence

Jakarta – Bank Indonesia (BI) memastikan kepercayaan pasar terhadap ekonomi Indonesia masih kuat meskipun penyebaran virus corona sempat mengkhawatirkan ekonomi global.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti mengatakan, hingga saat ini aliran modal asing tercatat masih masuk (inflow) sekitar US$490 juta.

“Total kita masih net inflow, masih US$490 juta masih net inflow. Tapi memang kemarin ada outflow tapi tetep yang real investor tetap konfiden,” kata Destry di Jakarta, Rabu 26 Febuari 2020.

Menurutnya, saat ini bank sentral bersama dengan Pemerintah terus melakukan stimulus fiskal guna menangkal dampak virus corona terhadap ekonomi Indonesia.

Destry menyebut, BI telah merancang dua skenario guna menghadapi dampak virus corona yakni skenario moderat dan juga skenario the worst bilamana kejadian akan semakin buruk.

“Seperti apa yang moderatnya seperti kita memperkirakan impact per 1 kuartal ini bisa untuk penanganan karena virusnya butuh waktu beberapa bulan, nah the worstnya kalau dampaknya berkepanjangan,” jelas Destry.

Komisi Kesehatan China seperti dilansir AFP mencatat hingga kini terdapat lebih dari 74.500 orang di China yang terinfeksi virus corona. Di luar China virus itu juga menginfeksi 76.262 orang di sejumlah negara. Semenrata korban meninggal akibat terinfeksi virus corona terus melonjak hingga angkanya mencapai 2.120 orang di seluruh dunia.

Tak hanya itu, Bank Indonesia (BI) juga menilai, proses pemulihan ekonomi global tertahan setelah Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) merebak akhir Januari 2020.

BI memandang, virus tersebut mempengaruhi perekonomian Indonesia melalui jalur pariwisata, perdagangan, dan investasi, BI pun memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2020 akan lebih rendah, yaitu menjadi 5,0-5,4%, dari prakiraan semula 5,1-5,5%, dan kemudian meningkat pada tahun 2021 menjadi 5,2-5,6%. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

9 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

10 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

10 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

10 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

11 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

12 hours ago